4 Cara Tingkatkan Kekompakan Tim Bisnismu

Dalam sebuah bisnis, kerja sama tim merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Keberadaan tim kerja menjadi mutlak di setiap bisnis. Suatu bisnis tak akan bisa berjalan tanpa adanya kerja sama dari setiap pihak. Untuk itu, sebuah tim bisnis harus bergerak bersama secara sinkron dan sinergis, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan yang memang telah ditetapkan. 

Untuk menyusun sebuah tim yang efektif, maka perlu kekompakan dari setiap anggotanya. Terus, gimana sih caranya buat tim kamu makin kompak?

1. Jalin Komunikasi yang Lancar

Komunikasi merupakan kunci pertama dan utama dalam kekompakan. Dengan berkomunikasi bersama tim kamu, maka kamu akan lebih mengenal satu sama lain, dan tentunya akan meningkatkan kekompakan kalian. Jangan takut buat menyampaikan pendapat, baik itu yang sifatnya membangun seperti kritik, maupun pujian.

Dalam sebuah bisnis, perlu dibiasakan budaya komunikasi ini. Kamu gak akan pernah bisa bekerja seorang diri, kamu butuh tim lain yang membantu kamu. Karena itu, kamu harus menciptakan suasana yang nyaman, terbuka, serta enak bagi semua anggota timmu untuk bicara dan mengemukakan pendapatnya. Dengan menciptakan komunikasi yang lancar, maka tim kamu akan semakin terbuka satu sama lain.

2. Libatkan Setiap Anggota

Gak peduli apapun jabatan dan kedudukan mereka, kamu harus tetap melibatkan mereka dalam keputusan apapun yang kamu ambil. Hal ini akan membuat anggota tim kamu merasa menjadi bagian dari tim, sehingga mereka akan lebih terbuka dan kompak satu sama lain. 

Tidak hanya itu, tanamkan pula visi misi yang kamu miliki pada setiap anggota kamu. Hal ini bertujuan supaya setiap anggota punya tujuan utama yang sama, sehingga bisa bekerja lebih efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Pastikan bahwa setiap anggota memang punya visi misi yang sama. Kalau sejak awal visi misinya saja sudah berbeda, maka ke depannya akan lebih sering terjadi pertengkaran dalam tim.

3. Hargai Perbedaan Pendapat

Setiap orang bebas berpendapat. Oleh karena itu, supaya tim kamu bisa lebih kompak, hargai perbedaan pendapat masing-masing anggota. Pendapat yang beraneka ragam ini bisa menjadi input buat kamu supaya bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti satu sama lain, dan pandangan-pandangan anggota tim kamu. Kamu pun akan bisa menghasilkan keputusan yang mewakili setiap anggota timmu.

4. Tumbuhkan Kepercayaan

Kepercayaan bisa diibaratkan sebagai sebuah jembatan menuju kekompakan. Kepercayaan memang tidak mudah untuk diberikan, namun dalam sebuah tim, setiap anggotanya harus saling percaya satu sama lain. Kamu akan bekerja sama dengan mereka, pastinya kamu harus percaya bahwa mereka akan menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Buat atmosfer kerja yang sehat, sehingga tidak ada perselisihan antar anggota.

Jadi itu dia 4 tips yang bisa dipakai untuk meningkatkan kekompakan tim kamu. Kerja sama tim ini tuh bisa diibaratkan sebagai tulang belakang dari bisnis kamu. Sebuah bisnis gak akan bisa maju tanpa adanya kekompakan dari setiap anggotanya. Gimana, tim kamu udah kompak belum?

 

Agnes - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.