5 Tips Memulai bisnis dari Nol

Bisnis bisa dimulai oleh siapa pun tanpa perlu memiliki latar belakang bisnis terlebih dahulu. Bahkan, saat ini semakin banyak karyawan di Indonesia yang memiliki pendapatan tambahan dengan berbisnis. Hal ini bisa disebabkan karena kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat dan kondisi ekonomi negara yang tidak stabil, yang mana mengharuskan masyarakatnya untuk mencari berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berbisnis atau berwirausaha bisa dimulai dengan berbagai macam cara. Contohnya, dengan menghasilkan produk sendiri lalu menjualnya, atau menjual produk hasil buatan pihak lain. Di antara kedua cara tersebut, keduanya tentu bisa menguntungkan tergantung pada keahlian kita dalam memulai dan menjalankan bisnis tersebut. Nah, untuk kalian yang ingin memulai bisnis dari nol, alias belum pernah memulai bisnis sebelumnya, Femalepreneur akan membagikan 5 tips berikut:

 

1. Mencari Ide Bisnis

Ide bisnis bisa diperoleh dari mana pun, seperti melalui pencarian ketertarikan akan suatu hal, menganalisa masalah atau kebutuhan yang ada di masyarakat yang bisa diselesaikan dengan cara bisnis, atau dengan cara menjadi lebih “aware” tentang apa yang terjadi di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Contohnya, saat ini sedang ada trend piyama lucu karena semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah di karenakan pandemi yang sedang berlangsung, dan banyak orang yang “Work From Home” alias WFH.

Nah, kondisi seperti ini bisa anda manfaatkan untuk berjualan piyama lucu atau baju rumahan yang nyaman, karena banyak orang cenderung membeli baju yang nyaman untuk di pakai di rumah. Lalu cara lain untuk mendapatkan ide bisnis bisa juga dengan cara melakukan survei dan riset baik secara langsung atau tidak langsung, dengan cara browsing melalui internet.

 

2. Memahami Customer

Memahami customer sangatlah penting karena merekalah yang perlu kita penuhi kebutuhannya dan perlu kita buat percaya terhadap bisnis kita. Bahwa barang yang kita jual sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan analisa customer behaviour atau perilaku pelanggan. Yang mana ini bisa berguna bagi kita si pemilik bisnis untuk tau bagaimana cara memasarkan produk dengan tepat, efektif, dan efisien.

 

3. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar penting untuk menentukan keberlangsungan bisnis anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan tujuan riset pasar, mencari informasi dan data yang relevan dengan industri bisnis anda, dan melakukan analisa terhadap info dan data tersebut. Dari riset pasar, anda bisa menemukan target pasar, mendapatkan pendapat atau opini dari pelanggan maupun calon pelanggan tentang jasa atau produk yang dijual. Yang mana hal ini bisa membantu anda untuk mengidentifikasi kesempatan dan potensi dalam bisnis anda.

 

4. Trial & Error Membuat Produk atau Mencari Supplier yang Sesuai

Bereksperimen dalam bisnis sangatlah penting untuk menciptakan inovasi yang bisa menjadi nilai tambah dalam bisnis anda. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan memanfaatkan kreatifitas yang anda miliki. Teknologi bisa dimanfaatkan untuk hal ini, mengingat bahwa teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan menuntut kita untuk berpacu dalam era digital.

Apabila bisnis kalian bergantung pada supplier atau pemasok, maka anda bisa mencoba produk atau jasa dari berbagai pemasok. Sehingga anda bisa melakukan perbandingan sampai pada akhirnya menemukan pemasok mana yang paling sesuai untuk bisnis anda.

 

5. Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis bisa dimulai dengan cara mengenali bisnis anda terlebih dahulu. Dalam hal ini, anda perlu menentukan target dan tujuan bisnis yang mana nantinya perlu diikuti dengan langkah-langkah bagaimana untuk mencapai target dan tujuan bisnis yang sudah anda tentukan. Rencana yang bisa dituliskan dalam rencana bisnis meliputi produksi, penjualan, target konsumen sampai pada keuangan. Perencanaan keuangan dalam rencana bisnis sangatlah penting agar bisa mengontrol pengeluaran dan memaksimalkan modal yang tersedia agar bisa mendapatkan profit yang diinginkan.

 

Nah, sekian tips untuk memulai bisnis dari nol. Selamat mencoba dan semoga sukses, Femalepreneur!

Ingat ya, kelas Femalepreneur juga siap membantu kamu untuk mengembangkan bisnis seperti yang kamu mau, segera daftar dan Login yaa.

 

Penulis : Adriani

Photos : Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

 

BY: Emmy Surya

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.