5 Trik Sederhana Bangun Karir dan Bisnis di Tengah Pandemi

Hai, Femalepreneur.

Jaga kesehatan selalu ya. Siapa yang merasa tahun ini ancur-ancuran? Imbas dari Covid-19 yang menglobal.

Yas, Covid-19 memaksa kita out dari zona nyaman, secepatnya harus berubah dari kebiasaan yang ada. Termasuk soal pekerjaan dan bisnis. Pandemi udah buat kita kalang kabut menghadapinya, baik secara psikis hingga finansial.

Uniknya, menurut psikolog, situasi yang mengancam justru mendorong kita berperilaku kuno, enggan dengan perubahan, kebalikan dari situasi saat kita coba mempertimbangkan perubahan karier.

Jadi, gimana dong cara menyeimbangkan kebutuhan mendesak kita sambil memastikan kelangsungan hidup keluarga atau bisnis kita, di saat krisis ini belum juga mereda?

Dikutip dari HarvardBussinessReview.com, ini 5 trik sederhana yang bisa jadi pegangan supaya kamu tetap fokus menemukan kembali pekerjaan dan membangun bisnis di masa sulit ini.

1. Gali dan kembangkan potensi diri

Gak ada satupun yang tahu apa yang bakal terjadi di masa depan. Jadi, ketimbang fokus di satu pilihan, cobalah beberapa pilihan sekaligus.

Jangan bergantung pada satu jenis penghasilan dan pekerjaan. Mulai untuk mencoba mempelajari keahlian baru yang prospeknya besar di masa depan.

Menemukan potensi diri dengan tepat juga butuh eksperimen dan pengujian, ada proses yang memakan waktu. Nikmatilah proses tersebut dan coba sebanyak mungkin keahlian yang kita bisa.

2. Banyak hambatan dan keterbatasan? Berdamailah! 

Waktu rasanya membeku selama setahun ini. Tapi, batin terus aktif untuk merasakan ketidaknyamanan situasi.  

Apa yang diperlukan? Refleksi dan introspeksi diri, lalu mulai terima keadaan dan berdamailah. Dua hal ini sangat efektif digunakan untuk perbaikan diri.

Waktu yang berhenti, dapat dipakai untuk mensupply motivasi ke dalam otak kita, mengingat kembali apa yang sudah kita pelajari, masa depan seperti apa yang ingin dirancang, hingga membantu kita mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

3. Mulai proyek

Tumbuhkan pengetahuan dan keterampilan hingga kita bisa mendapatkan pijakan yang kuat untuk menemukan pekerjaan baru.

Misal, sambil jadi freelance ikutan juga kursus keahlian baru, atau mulai temukan berbagai ide segar yang dapat menunjang karier/bisnis dan pendapatan.

Karantina di rumah bukan halangan untuk mendatangkan kesempatan baru. Dari jajak pendapat kepada 2000 responden, 50% di antaranya mengaku mendapat kesempatan mencoba hal baru dan keterampilan baru, termasuk gimana caranya bekerja dari jarak jauh.

4. Coba cek kontak

Kunci utama jaringan adalah orang dalam, hihihi, kontak maksudnya. Siapa yang tahu ada orang penting yang perlu dihubungi kembali.

5. Speak up

Bingung karena masa krisis yang gak kunjung berakhir, membuat kita mulai introspeksi diri. Tapi, introspeksi tanpa eksperimen aktif justru berbahaya. Jadi, mulailah berbicara pada mereka yang merespon dan mau berbagi pengalaman.

Sesederhana dengan berbicara apa perubahan yang diinginkan, apa saja yang mau kamu lakukan, bukan ekspetasi ya, tapi sesuatu yang real, yang lagi dijalani. Lalu mulai minta solusi, saran hingga motivasi dari mereka.  

Contoh kecil, jadwalkan ngobrol santai usai bersepeda bareng teman atau diskusi rutin melalui zoom dan grup whatsapp.

Pada akhirnya, usaha untuk menemukan dan mengembalikan pekerjaan di masa krisis ini tergantung dari pilihan Femalepreneur, mau memulainya sekarang atau tidak? Biar kami bantu mewujudkannya!

 

​​​​​​Julia Ling - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.