Aku Mampu Berbisnis : Prototyping & Menguji Produk

Hai, sobat preneurs!

Femalepreneur Indonesia kembali mengadakan kelas ‘Aku Mampu Berbisnis’ yang bekerja sama dengan DNetwork Indonesia, pada Hari Jumat 6 November 2020. Acara ini berlangsung melalui aplikasi Zoom yang dihadiri sekitar 35 peserta. Dalam sesi kali ini, kelas 'Aku Mampu Berbisnis' membahas tentang Prototyping & Menguji Produk yang akan dijelaskan oleh Emmy Surya, Mario Devan, dan Titik Rusmiati (Rosi), selaku Founder sekaligus mentor dalam kelas ini.

Lalu apa sih Prototyping itu? Prototyping adalah sebuah upaya untuk mendapatkan gambaran yang utuh atau sempurna dari produk/jasa yang sedang kalian kembangkan.

Gunanya: Supaya bisa mendapatkan feedback/timbal balik/respon dari berbagai pihak yang telah kita uji atau pendapat dari seseorang yang sudah kita beri produk kita.

Berikut beberapa tahap dalam materi yang dijelaskan:

1. Menyiapkan Prototype

Prototype yaitu produk yang sudah jadi dan siap untuk diuji cobakan (sampel).

2. Mengenal Metodologi Agile

Agile ini apa sih? Agile adalah pola pikir yang dipakai beberapa start up dan para pebisnis. Kenapa mempelajari tentang ini? Karena jaman sekarang setiap bisnis itu harus jadi start up. Kenapa disebut start up? Karena dia menggunakan inovasi berupa digital, dll. Cara pikir start up itu harus kita pakai kalau mau sukses dan besar di jaman sekarang. Agile itu sendiri merupakan pola pikir yang flexible sesuai dengan masalah. Jadi ketika dalam masalah secara cepat kita harus berubah (sprint).

3. Memahami Pentingnya Desain Kemasan

Kenapa kemasan itu penting? Karena hal seperti ini bisa menarik perhatian pelanggan untuk jatuh cinta pada produk kita. Desain Kemasan itu sendiri adalah proses untuk menonjolkan kepribadian brand produk kalian, untuk menyampaikan pesan dan untuk menjadi pembeda atau NILAI LEBIH antara brand kalian dengan kompetitor.

4. Pahami Produk Anda

Kita harus memahami produk apa yang kita jual, seberapa besar produk tersebut, terbuat dari bahan apa, apakah mudah pecah, siapa penggunanya, bagaimana personanya, bagaimana mereka membeli produk kalian?

5. Menentukan Persona Buyer

Persona Buyer adalah sebuah representasi pelanggan atau sebuah karakter yang menggambarkan orang. Berdasarkan ciri fisik, demografi, dan lainnya yang kalian pelajari di tahap menentukan target market. Kalian bisa mulai dengan menentukan jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan lainnya dengan data yang spesifik. Target pasar kalian akan lebih unik.

6. Memahami Unsur Kemasan

Ada beberapa tipikal pengusaha pemula yang pemikirannya itu sempit namun ada beberapa yang pemikirannya besar. Nah, kalau kita ingin bisnis kita itu cepat gede maka yang kita butuhkan adalah berpikir yang besar. Jadi apapun yang sudah kita mulai kita harus mempersiapkan jika suatu saat bisnis kita besar. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat kemasan yang baik? Yaitu dengan cara memahami Unsur kemasaran, seperti: warna, font, label, berbeda, terjangkau & tersedia, mudah dibuka & dibawa, bahasa & gambar, relevan.

7. Memahami Metode Testing Produk/Jasa

Usability Testing : Menguji produk kepada user dengan memberikan beberapa task skenario yang mesti dikerjakan.

In-depth Interview : Metode tanya jawab antara pewawancara dan responden guna menggali informasi secara mendalam.

Email/Google Form Survey : metode mendapatkan feedback dari pengguna terkait produk atau konsep dengan mengirimkan e-mail survei.

8. Menyiapkan Materi Uji

Yaitu kata-kata apa saja sih yang akan kita tanyakan meliputi : fitur produk, kesan produk, perbandingan produk, harga produk, dll.

9. Menganalisa Hasil Uji

Seperti apa analisanya? Apakah pasti membeli, kemungkinan akan membeli, ragu-ragu, mungkin tidak membeli, pasti tidak membeli.

10. Mengembangkan Minimum Viable Product (MVP)

MVP inilah yang akan menjadi dasar pengukuran untuk mengetahui apakah hipotesis itu valid, agak valid, atau tidak valid.

Itulah beberapa tahapan yang dijelaskan pada materi dikelas 'Aku Mampu Berbisnis' kali ini. Gimana nih preneurs, seru bukan belajar bersama Femalepreneur Indonesia? Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa kalian pelajari ya..

 

 

 

Priyanka Dini Rahmawati - Femalepreneur Indonesia

 

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.