Apa sih yang Bikin Bisnismu Beda dari yang Lain?

“Produkmu kayaknya udah banyak deh yang bikin, yang bedain kamu dengan yang lain apa?”

Pertanyaan ini bisa membuat seorang entrepreneur kebingungan, tapi sebagai pengusaha hebat, kamu bisa menggunakan sebuah tool yang akan membantumu menjawab pertanyaan ini dalam 1 kalimat, dan nama dari tool tersebut adalah Value Proposition Canvas. 

Yuk, kita lihat gimana cara menyusunnya!

Nah, tool ini bisa dibagi menjadi 2, yaitu Value Proposition & Customer Profile. 

Pertama kita bahas customer profile dulu ya..

Untuk Customer Profile, yang perlu dijelasin adalah gimana pelanggan bisa dibantu dengan adanya produk kita. Untuk itu, kita bagi menjadi 3 aspek, yaitu: 

  • Gains: apa manfaat yang pelanggan bisa dapatkan dari produkmu?
  • Pains: apa masalah yang pernah dialami pelanggan dalam melakukan suatu hal?
  • Customer job: apa yang ingin dicapai oleh target marketmu?

Untuk Value Proposition, kita akan jelasin ke pelanggan bagaimana produk yang dibuat akan menjadi solusi dari masalah yang dihadapi mereka, dibagi jadi 3 lagi nih: 

  • Gain Creators: Bagaimana produkmu menawarkan suatu value pada pelanggan kita 
  • Pain Relievers: Bagaimana produkmu bisa menghilangkan pengalaman negatif pelangganmu 
  • Product & Services: Deskripsi dari produk/layanan yang kamu tawarkan 

Dengan menggunakan tool ini, kamu bisa menjelaskan apa value yang kamu tawarkan ke pelangganmu dengan singkat, padat, dan jelas. 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memperkenalkan ide bisnismu ya pengusaha hebat!

Kamu juga bisa baca-baca artikel lain di website Femalepreneur untuk membantumu membangun bisnis impianmu. 

 

Felicia Alexandra - Femalepreneur Indonesia 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.