Ayo Pengusaha Hebat, Bangun Branding dari Bisnismu Melalui Microblog!

Dalam era digital ini, terdapat banyak UMKM yang memiliki produk yang bisa memberikan solusi bagi target market yang dituju, dan mereka menggunakan banyak cara baik secara online dan offline untuk menonjolkan produk mereka di mata pelanggan. Dengan semakin ketatnya persaingan tersebut, sebuah brand tidak hanya membutuhkan produk yang bagus, tetapi mereka perlu membangun branding mereka dengan baik. 

Untuk membangun branding dari sebuah produk, seorang pengusaha bisa menggunakan banyak platform, dan salah satunya adalah media sosial. Aplikasi media sosial yang sering digunakan oleh bisnis pada saat ini adalah Instagram, karena platform tersebut memberikan kesempatan agar seorang pengusaha bisa membuat konten foto, video pendek, serta video panjang bagi bisnis mereka. Baru-baru ini, jenis konten yang sering ditemukan di media sosial adalah microblog.

Microblog adalah jenis konten di mana informasi bisa disampaikan dalam beberapa post dengan penjelasan yang singkat dan jelas, yang dibuat dengan tujuan agar follower dari sebuah bisnis berinteraksi dengan post yang dibuat.

Keunggulan dari microblog jika dibandingkan dengan jenis konten lainnya adalah: 

• Proses pembuatan konten lebih cepat dan konten lebih mudah untuk dipahami

• Pesan dari konten yang dibuat bisa langsung tersalurkan ke pembaca dengan lebih cepat, karena tidak mengandung informasi yang terlalu banyak 

• Microblog bisa menjangkau audiens yang luas karena konten tersebut bisa dibagikan ke orang lain diluar follower kita dengan mudah 

• Kita bisa menggunakan fitur seperti hashtag, story, dll untuk meningkatkan engagement dari microblog yang dibuat

Nah, buat yang penasaran tentang bagaimana kita bisa membuat microblog dengan baik, kita bagi-bagi tips ini, semoga bisa membantu ya!

1. Tentukan topik dari microblog sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan 

 Microblog yang dibuat harus sesuai dengan bisnis yang dijalani dan bisa menyampaikan identitas dari brand tertentu.

2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh followermu 

Dengan menggunakan tata bahasa yang menarik bagi follower, kita bisa mengajak mereka untuk berinteraksi dengan konten yang kita buat

3. Lakukan riset untuk mengetahui topik yang bagus untuk dijadikan microblog

Tidak semua topik bisa mengajak follower untuk berinteraksi dengan akun media sosial dari bisnismu, maka kita harus teliti dalam memilih topik yang tepat untuk dijadikan konten

4. Buat desain yang menarik, bahasa yang sederhana, serta font yang mudah dibaca

Tujuan dari microblog adalah memberi informasi mengenai topik yang dibahas dan memperkenalkan brand kita pada orang yang baru, maka dari itu kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi desain yang bisa membuat microblog kita menonjol dari bisnis lain. 

5. Jangan lupa untuk menambahkan call to action

Pada slide terakhir dari microblog yang dibuat, jangan lupa untuk menambahkan CTA agar orang yang membaca post tersebut tertarik untuk memberi like, komentar, membagikan post, serta memutuskan untuk menjadi follower akun bisnis kamu. 

Semoga topik yang dibahas pada blog ini bisa bermanfaat buat kamu ya pengusaha hebat, terus ikuti kami di Instagram @femalepreneur.id untuk informasi menarik lainnya mengenai bagaimana kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses!

 

Felicia Alexandra - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.