Bagi Yang Belum Tahu Caranya Mendirikan Yayasan, Merapat!

Hey kamu, para Pengusaha Hebat yang budiman, hehehe. Gimana kabarnya nih? Semoga kalian semua selalu kece dan sehat walafiat ya!

Udah siap belum nih kira-kira dapet hadiah ilmu baru? Ihiy~ soalnya hari ini kita bakalan ngobrolin soal Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan.

Lah, apa hubungannya sama bisnis, Kak? Oya sudah pasti berhubungan, sheyeng~

Biasanya kalau usaha kita udah maju dan berkembang banget, kita selalu punya keinginan, dan harus ingat, untuk membagi sebagian harta kita untuk kegiatan amal. Makanya soal membangun yayasan ini jadi penting.

Tapi, ya, harus ngerti dulu nih langkah-langkahnya. Bagaimana? Siap?

Mari kita cus kalau begitu~

Dimulai dari definisinya dulu deh. Yayasan dapat didefinisikan sebagai sebuah badan hukum yang memiliki kekayaan terpisah dan diperuntukan dalam tujuan sosial, agama, dan kemanusiaan.

Lalu kenapa yayasan dikatakan sebagai badan hukum? Ya, karena dapat melakukan kegiatan secara legal dan mempunyai akibat hukum. Namun yayasan tidak memiliki anggota seperti pemegang saham seperti halnya PT atau CV, tetapi nantinya digerakkan oleh pengurus, pembina, pengawas, dan lainnya.

Yayasan pastinya tidak bertujuan untuk mencari profit seperti badan usaha lainnya. Tujuan yayasan adalah untuk melaksanakan nilai-nilai kemanusiaan, sosial, dan keagamaan. Maka dari itu, walau pun modal awal yayasan berasal dari milik pribadi sang pendirinya, tetapi kekayaan itu akan menjadi mandiri dan terlepas.

So, nggak ada nanti namanya pemilik makan untung dari kegiatan yayasan.

Nah, kalo ngintip UU Yayasan (UU No. 16/2001 dan UU No. 28/2004), ada 8 tahapan dalam mendirikan yayasan. Apa aja tuch?

1. Perumusan Nama Yayasan

Sama halnya kayak PT dan CV, kita harus siapin beberapa nama untuk calon yayasanmu ini. Sedihnya, untuk nama yayasan ini, cara ngeceknya masih manual. Nggak bisa elektronik kayak pas kita ngecek nama untuk PT atau CV. otomatis butuh waktu lebih lama, sekitar 2 mingguan.

2. Tentukan Bidang Yayasan

Kita harus nentuin juga bidang yang akan dijalankan oleh yayasan kita. Misalnya, keagamaan, kemanusiaan, atau sosial. Salah satu aja ya, dipilih yang paling disuka atau sektor bidang yang sedang dibutuhkan.

3. Buat Struktur Kepengurusannya

Biasanya sih bakalan ada rapat dulu buat nentuin siapa yang bakal jadi ketua, sekretaris, bendahara, pengawas, dan lainnya. Baru deh dibikin silsilahnya untuk diajukan nantinya.

4. Penentuan Kekayaan Awal Yayasan

Bisa berbentuk aset yang bergerak maupun tidak. Kalau yang sudah ditentukan dalam Pasal 6 PP No. 63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan UU tentang yayasan, modal kekayaan awal yayasan adalah senilai Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) 

5. Siapkan Syarat-Syaratnya Untuk Pengajuan ke Notaris

Kamu harus datang ke notaris buat dapetin akta pendirian dari notaris dengan bawa syarat-syarat ini 🤔

🔺 Nama Yayasan;

🔺Fotokopi KTP Para Pendiri;

🔺Fotokopi KTP Pembina, Pengawas, dan Pengurus Yayasan.

6. Pengajuan Nama Oleh Notaris Ke Kemenkumham

Yep, notarismu bakalan ngajuin semua persyaratan tadi untuk mendirikan yayasan ini ke Kementrian Hukum dan HAM. Butuh waktu sekitar 2 minggu seperti yang dijelasin di awal tadi.

Kemenkumham bakalan konfirmasi untuk nama yang diajukan bisa digunakan atau tidak. Kalau oke, maka akte pendirian yayasan akan disahkan dihadapan notaris.

7. Penandatangan Anggaran Dasar Yayasan

Setelah itu, pendiri/pembina barengan sama ketua, sekretaris, bendahara, dan pengawas menandatangani Anggaran Dasar di hadapan notaris. Lalu notarismu bakal bawa pengajuan anggaran dasar ke Kementrian Hukum dan HAM buat dapetin pengesahan dari Menteri Kemenkumham

8. Penandatanganan Akta Pendirian Yayasan dari Kemenkumham

Terakhir nih, siapkan syarat-syarat yang udah kita bikin barusan, seperti:

🔺Akta Pendirian Yayasan dari Notaris;

🔺Surat Keterangan Domisili 🔺Perusahaan dari Kelurahan dan Kecamatan;

🔺Surat Keterangan Terdaftar/NPWP dari Kantor Perpajakan;

🔺Surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia;

🔺Pengumuman dalam lembaran Berita Negara RI dari Perum Percetakan Negara RI;

🔺Tanda Daftar Yayasan dari Dinas Sosial

Baru deh, notaris memproses pengesahan badan hukum yayasan ke Kementrian Hukum dan HAM untuk disahkan sebagai badan hukum.

Kira-kira begitu sodara-sodara cara mendirikan yayasan. Semoga bisa selalu membantu ya, apa lagi untuk kamu yang memang sudah ada keinginan untuk mendirikan yayasan untuk menyalurkan amal dan berbagi terhadap sesama.

Jangan kasih kendor, ya, temen-temen Pengusaha yang Hebat! Kalian boleh banget follow Instagram @femalepreneur.id untuk dapetin tips, trik, atau konten hiburan atau bisa banget join ke komunitas Femalepreneur 👍🏽👍🏽👍🏽

🎯 Link join komunitas Femalepreneur: https://bit.ly/GabungKomunitasFP

 

 

Rani Inggit Saputri - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.