Bangun Citra Produk dengan Brand Positioning!

Ketika membangun sebuah usaha perlu adanya strategi tepat agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Perlu diketahui, masih banyak stategi yang masih dilupakan oleh para pebisnis, salah satunya Positioning Brand. 

Apa Positioning Brand itu?

Positioning Brand merupakan sebuah strategi dalam memposisikan produk pada pandangan konsumen. Selain itu, juga dapat difungsikan sebagai konsep pemasaran yang bertujuan untuk membangun kesan di mata konsumen. 

Perusahaan membangun citra pada produknya dapat menjadi hal penting dalam positioning. Ketika banyak produk serupa yang bermunculan, tetapi dengan adanya positioning ini kalian tetap dapat bersaing di pasaran. 

Menurut Philip Kotler dalam The Brainding Journal, definisi dari Positioning Brand ini adalah sebuah tindakan membentuk citra dan penawaran dalam perusahaan untuk menempati posisi berbeda di benak konsumen. 

Strategi ini terbilang penting lho! Selain dapat menguntungkan bagi perusahaan, tetapi juga dapat mengesankan konsumen dengan sejuta manfaat, keuntungan dan keunikan pada produk kalian. Win Win Solution! 

Selain itu juga, Positioning Statement juga diperlukan dalam strategi ini untuk mengetahui perbedaan brand kalian dengan pesaing, sehingga sesuai dengan target pasar. 

Agar kalian tetap fokus dalam mencapai target, kalian harus tahu 4 komponen penting dalam membangun Brand Positioning, antara lain: 

1. Mengetahui dan memahami apa saja komentar dan sikap dari target konsumen brand kalian yang menarik sebagai poin penting dalam positioning statement. Banyak manfaat, berbeda dan unik biasanya laku keras di mata konsumen. 

2. Memahami kategori brand apa saja yang dapat bersaing dengan brand pesaing di pasar. Hal ini dapat memudahkan kalian menyesuaikan selera konsumen.

3. Merancang sebuah ekspetasi pada brand (Brand Promise) dengan menganalisis apa saja manfaat brand kalian. Perusahaan yang menepati brand promise punya nilai lebih di mata konsumen. Anti PHP deh!

4. Membentuk kepercayaan konsumen dengan brand promise yang dirancang. Dijamin konsumen jadi makin percaya dan nggak ragu untuk berlangganan produk kalian!

Dengan 4 komponen penting di atas kalian dapat membentuk positioning statement dan brand positioning sekaligus. Mudah kan?

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang brand positioning tadi. Ada 4 komponen penting yang bisa kalian lakukan dalam membangun citra produk kalian. Inilah yang bikin konsumen nggak ragu untuk langganan produk kalian.  

Kalau kalian tertarik mencari info-info menarik seputar keuangan, bisnis, mentoring, kelas pengembangan bisnis, dan masih banyak lagi pantengin terus Femalepreneur Indonesia @femalepreneur.id

Makin banyak tahu makin banyak ilmu!

 

Frida - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.