Beberapa Bisnis Selain Pakaian dan Makanan yang Bisa Dicoba UMKM

Hai, Femaleprenur Indonesia. 

Di sektor UMKM diminta tidak hanya fokus pada bisnis makanan dan pakaian saja lho. Himbauan ini datang dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sebenarnya banyak peluang yang bisa dilakukan untuk berwirausaha di tengah pandemi ini, selain jualan makanan dan pakaian.

Lalu selain makanan dan pakaian, bisnis apa saja sih yang menguntungkan bagi UMKM?

Bisnis Obat-obatan

Mohammad Faisal, selaku Direktur Center of Reform Economics (Core) mengatakan bahwa di tengah kondisi krisis kesehatan juga bisa menjadi opsi bisnis bagi UMKM. Misalnya bisa menjual obat-obatan herbal. Dikarenakan isu kesehatan sedang naik daun. Produk herbal tradisional akan laku di pasaran apalagi bahan bakunya juga mudah dicari dan murah.

Anda bisa memulai bisnis obat-obatan tradisional, seperti jamu kemasan dari empon-empon, yang terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, dan lain sebagainya. Atau bisa juga, membuat ramuan herbal lain, yang produknya bisa awet dan tahan lama untuk diperjual belikan.

Industri Pangan

Lain halnya dengan Ikhsan Ingratubun, selaku Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) mengatakan, jika pelaku UMKM juga perlu masuk pada sektor produksi pangan. Karena selama ini, negara kita banyak melakukan impor pangan.

Di tengah situasi pandemi Corona, membuat perdagangan internasional sulit untuk dilakukan, terutama dalam hal ekspor-impor. Nah, kini saatnya peran UMKM dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional. Hal yang bisa dilakukan di industri pangan, seperti bergerak di bidang pertanian, perkebunan, atau perikanan

Misalnya, Anda bisa mencoba untuk budidaya ternak lele, menanam sayuran organik, dan lain sebagainya. Nantinya, dari hasil tersebut bisa dijual ke pasaran.

Nah, itu tadi beberapa bisnis ide UMKM selain makanan dan pakaian yang bisa dilakukan. Semoga bisa menambah wawasan dan inspirasi Anda dalam memulai usaha ya.

 

 

Della Cintya Raisma - Femalepreneur Indonesia

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.