Bisnis Online Tanpa Modal, Emang Bisa?

Eitss, kalian memang gak salah baca. Ternyata masih ada bisnis online di jaman sekarang yang gak perlu pakai modal apa-apa. 

Mengingat kondisi saat ini yang mengharuskan kita semua untuk tetap di rumah, bisnis online ini tentunya menjadi peluang besar untuk kita semua. 

Dan bagi kalian yang takut rugi dan gak balik modal, di sini aku akan kasih tau beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan oleh siapa aja. Coba cek yuk!

1. Melakukan Dropshipping

Buat yang belum tahu, Dropshipping adalah jenis usaha di mana kamu menjual barang apapun yang kamu mau atas nama kamu, tetapi barang tersebut dikirimkan oleh pihak lain. 

Misal, kamu memberitahu teman bahwa kamu sedang jualan sepatu. Maka Ketika teman kamu itu memesan sepatu jualanmu, dia akan membayar sejumlah uang kepada kamu. Sepatu itu kemudian kamu pesan secara online ke pihak lain. Pihak inilah yang akan mengirimkan sepatu itu ke temanmu.

Bisa dilihat bukan, bahwa dengan menjadi dropshipper, kamu gak mengeluarkan modal sepeserpun!

2. Membuka Kursus Online

Sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk belajar dari rumah, bisnis online tanpa modal berikutnya yang bisa kamu coba adalah membuka kursus online. 

Topik yang diangkatnya bisa bermacam-macam, mulai dari pelajaran untuk siswa, sampai ke skill-skill khusus untuk karyawan maupun job seeker. Di sini topik-topik itu bisa dibuat berbayar sesuai konten yang disajikannya.

3. Membuat Blog atau Website Sendiri

Tunggu, menjadi Blogger termasuk ke dalam bisnis online? Buat kamu yang belum tau, jawabannya iya. Sajikan konten yang menarik di blog atau website kamu. 

Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kamu, maka semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan. Penghasilan ini sebenernya didapatkan dari iklan. Kamu bisa bergabung ke platform Google Adsense untuk mengiklankan blog kamu.

4. Membuka Jasa Pembuatan Website

Buat kamu yang jago coding dan mau punya usaha sendiri, bisnis ini cocok banget buat kamu! Banyak orang kini menyadari pentingnya memiliki website, namun kebanyakan masih belum bisa membuatnya sendiri. 

Sebagai Langkah awal, kamu bisa mulai buat sendiri website kamu semenarik mungkin untuk promosi. Meski tanpa modal, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat lho!

5. Membuka Jasa SEO

Di jaman serba Google ini, keahlian SEO banyak banget dicari di mana-mana. Dengan membuka jasa konsultasi optimasi website ini, kamu juga bisa mendapat penghasilan sendiri lho! 

Intinya, bisnis online kamu ini akan membantu website klien kamu untuk mendapat peringkat teratas di mesin pencari. Belum banyak yang memiliki kemampuan ini, bisa banget jadi pertimbangan buat kalian yang mau buka bisnis online tanpa modal!

Segitu dulu rekomendasi bisnis online tanpa modal yang aku kasih. Tanpa modal yang aku maksud di sini tentunya modal berupa uang. Tapi tetap saja kamu butuh modal berupa usaha, waktu, dan kerja keras kamu untuk membangun dan membesarkan bisnis kamu. 

Selalu terbuka sama trend jaman sekarang dan jangan lupa gunakan akun media sosial untuk mempromosikan bisnis kamu! Jadi, tunggu apa lagi? Masa masih takut untuk mulai berbisnis?

 

Agnes Z. Yonatan - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.