Bisnis Pakai Website Worth It? Yay or Nay?

Hi, entrepreneurs!

Jaman sekarang ngejalanin bisnis mesti cukup pandai dalam melihat peluang yang ada. Udah bikin desain produk, copywriting yang mantul, tapi promosi masih kurang mantap? Ini dia yang jadi masalah.

Dalam hal berbisnis, kamu harus bisa memanfaatkan semua platform untuk bisa memperkenalkan produk ke khalayak sehingga bisa meningkatkan awareness terhadap produk kamu yang nantinya akan berubah ke tahap pembelian. Tentunya, gak semua platform pemasaran berbayar ataupun gratis.

Nah, platform yang berbayar atau yang butuh modal salah satunya wesbite. Tapi sebenarnya, berbisnis lewat website ini bagus atau enggak sih? Kulik yuk penjelasan di bawah ini!

Website itu apa?

Sebelum jelasin keunggulannya, kamu harus tahu website itu apa sih? Website adalah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan website (home page) menggunakan sebuah browser dengan URL website. Okay...

Apa aja sih yang ada di dalam website?

Website punya 3 unsur penting yang cukup vital, tanpa unsur ini website kamu gak akan ditemukan di internet, lho.

Ketiga unsur website yakni:

1. Domain, nama yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server dalam website. Domain ini fungsinya untuk mempermudah khalayak untuk mengakses ke website kamu. Makanya kenapa nama domain itu penting banget kamu buat.

2. Hosting, berperan untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Kalau belum paham, kamu bisa sewa jasa hosting sesuai budget kamu.

3. Konten, nah kalau ini udah gak dipungkiri, ini penting banget. Kenapa sih? Namanya juga berbisnis, gimana sih supaya produk kamu bisa diminati konsumen? Gimana lagi selain memberikan konten terbaik yang berkesan di benak mereka. Jadi kalau kamu mau pakai platform website, konten yang diberikan harus bisa diminati konsumen.

Keunggulan pakai website apa?

Pakai website ada beberapa keunggulan nih yang bisa kamu rasakan, langsung aja simak cuusss..

1. Kontrol penuh

Punya website toko online, kamu memiliki kontrol penuh terhadap website itu sendiri, mulai dari desain, navigasi, tampilan katalog, atau bagian lainnya. Kamu bisa update secara berkala lewat website bisnismu, misal dengan disisipkan promo atau kampanye kecil yang lagi kamu jalanin.

2. Lebih bebas untuk melakukan branding

Kamu bisa bebas membangun tampilan websitemu, baik warna, tulisan dan sebagainya sesuai dengan tema atau persona yang ingin ditonjolkan dalam bisnismu. Lewat website kamu bebas mem-branding produkmu dengan desain-desain yang menjadi ciri khas produk.

3. Bisa mengakses informasi konsumen

Kalau di marketplace gak bisa menarik data baik mengenai perilaku dan kebiasaan berbelanja konsumen, di website toko online kamu bisa mengakses informasi tersebut lho. Dari data-data tadi kamu bisa menganalisis kira-kira strategi mana yang lebih menjual produk kamu, mana yang disukai dan kurang disukai konsumen.

4. Gak bergantung pada pihak lain

Dengan berbisnis lewat website, kamu gak bergantung pada kondisi platform lain. Misal, ketika terjadi gangguan pada marketplace, maka bisnis kamu otomatis akan terhambat. Kemudian metode pembayaran bisnis di marketplace sudah ditetapkan oleh marketplace itu sendiri. Berbeda dengan website, kamu bisa bebas menentukan keperluanmu dan perilaku konsumen.

So, worth it or nay?

Kalau dibilang worth it, ya worth it buangett. Cuma kamu harus punya modal besar untuk menggunakan platform website. Baik modal biaya pembuatan website, belum lagi untuk sewa jasa pembuat website atau hostingnya kalau kamu kurang ngerti, kemudian kamu harus mengelola website dengan baik, serta memerlukan strategi untuk menjangkau konsumen yang paling tepat, macem Femalepreneur, hehehe .. 

Kebetulan Femalepreneur buka jasa pembuatan website, mulai dari domain, hosting, template website, dukungan teknis, serta belajar tentang SEO dengan harga terjangkau. Yuk, gabung gengs!

𝗞𝗘𝗟𝗔𝗦 𝗧𝗘𝗥𝗕𝗔𝗧𝗔𝗦 😱😱

📍Daftar Sekarang!

https://wa.me/+6281327768099

📍Info lebih lanjut? Segera join group 

https://bit.ly/FPPaketWebsite

Kapan lagi punya website dari tangan profesional Femalepreneur, hihihi..

 

 

Nur Rachmawati – Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.