Ceki-Ceki Perkembangan Media Sosial Kamu Lewat Analytics Tool Ini Yuk!

Ciao bella Femalepreneurs! 

Kegiatan wirausaha saat ini banyak menggunakan media digital sebagai marketingnya, kenapa sih? Jelas dong, karena pengguna media digital atau media sosial ini sangat banyak mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa di belahan dunia mana pun. Perkembangan teknologi inilah yang menimbulkan ide-ide dari wirausaha untuk melakukan kegiatan marketingnya lewat media sosial.  

Tapi gak semua orang tahu gimana perkembangan media sosial mereka, apakah interest audiens makin naik atau justru malah turun? Nah, maka dari itu Femalepreneur kali ini mau ngebahas apa itu analytics tool media sosial dan apa saja fitur toolsnya. Langsung aja simak yuk!

Social media analytic tool? What is it? 

Analytic tool atau disebut analisis data ini adalah sebuah sistem untuk mengetahui hasil komunikasi pemasaran di media sosial yang digunakan oleh brand sebagai media pemasarannya. Dengan menggunakan teknologi ini kamu bisa tau berbagai insight oleh produk itu sendiri, baik performa brand seperti tingkat kenaikan followers, interaksi yang ada di dalam media asset, serta konten apa yang disukai oleh audiens. Selain itu teknologi ini memungkinkan kamu untuk mengetahui berbagai pembicaraan terkait brand, kompetitor, serta kata kunci brand. Keren kan?

Lalu apa aja sih toolsnya? 

Analytic tools media sosial cukup banyak untuk bisa diakses, tapi Femalepreneur hanya memilih 7 terbaik yang bisa kamu gunakan. Langsung simak di bawah ini!

1. Facebook Insights

Fitur ini adalah fitur bawaan. Gratis tapi lengkapp! Fitur ini hanya untuk fanpages, gak bisa buat profil. Facebook Insights ada menu pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, dan people.

2. Twitter Insights

Biar tau performances akun dan tweet kamu bisa langsung cek twitter insights. Caranya tinggal klik di menu sebelah kiri layar twitter web. Dulu teknologi ini lebih lengkap karena kamu bisa tahu profil audiens tapi sayangnya fiturnya udah gak ada. Tapi gak masalah, yang penting bisa tetap liat performances konten kamu.

3. Socialblade.com

Socialblade.com dapat melihat historical data performance akun Facebook, Twitter, Instagram hingga Youtube punya kamu bahkan bisa juga pantau akun orang lho! Socialblade.com ini tersedia gratis dan berbayar, namun yang gratis juga udah cukup kok. Gak usah khawatir guys..

4. TubeBuddy.com

Ini adalah extension chrome dan enak banget buat ngeliat statistik semua channel Youtube yang kamu kunjungi. Sama seperti Socialblade, TubeBuddy.com juga tersedia gratis dan berbayar.

5. Socialbakers.com

Meski cukup mahal sebesar $20 (atau sekitar Rp. 294.490) teknologi ini cukup canggih lho. Kamu bisa liat performance semua akun, punya sendiri maupun kompetitor. Socialbakers.com bisa memantau gimana followers growth, engagement rate, frekuensi posting, top post dan fitur lainnya yang pasti lengkap. Cukup worth it lah..

6. Fanpage Karma

Fanpage Karma tersedia berbayar harganya sebesar 49 euro (atau sekitar Rp. 849.530). Cukup lengkap buat narik data performance akun kamu maupun akun kompetitor di industri yang sama.

7. Iconosquare

Harga yang ditawarkan untuk small businesses and professional marketers adalah sebesar $29 per bulan (atau sekitar Rp. 427.003) Iconosquare simpel tapi powerful untuk analytic Instagram dan Facebook. Metrics-metricsnya jelas dan cuma tinggal ditempel di report.

Dah, kira-kira itu tujuh sosial media analytic tools versi Femalepreneur yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan sosial media kamu. Semoga bermanfaat! Cheerio.. 

 

 

Nur Rachmawati – Femalepreneur Indonesia 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.