Dengerin Kata Bang Sandiaga Uno Pelatihan dan Pendampingan Penting lho, Bagi Pelaku UMKM

04 Dec 2020 Li Ling 0 Informasi

Here we go again!

Dalam Podcast Spotify Endgame with Gita Wirjawan dengan mewawancarai langsung Bang Sandiaga Uno terkait topik “Kesempatan Emas UMKM” yang diupload pada 28 Agustus 2020. Kali ini baik Bang Gita dan Bang Sandi membahas seputar UMKM dan pengalaman Bang Sandi sebagai seseorang yang pernah terjun di dalamnya.

But, before that, i’ll briefly explain you what is UMKM...

Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang sering disebut UMKM ini merujuk pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. Yang mana kriteria usaha mikro hasil penjualan tiap tahunnya paling banyak Rp. 300.000.000,-. Kemudian kriteria usaha kecil hasil penjualan tiap tahunnya mencapai antara Rp. 300.000.000,- hingga Rp. 2.500.000.000,-. Nah kalau usaha menengah hasil penjualan tiap tahunnya mencapai Rp. 2,5 miliar hingga Rp. 50 miliar. Wow!

Untungnya jadi pelaku UMKM apa sih?

Udah pasti profitnya yang besar banget adalah salah satu keuntungan menjadi pelaku UMKM. Tapi selain itu menjadi pelaku UMKM bisa memperluas lapangan pekerjaan, menumbuhkan perekonomian, meminimalisir kemiskinan, serta mewujudkan peningkatan struktur perekonomian negara. Bahkan kalau usaha kamu udah bersaing secara global, maka secara gak langsung kamu bakal mempromosikan Indonesia. People be like, “Wow, Indonesia sekeren itu!”

Pelatihan dan pendampingan harus banget?

Certainly yes! Karena dengan mengikuti pelatihan dan memperoleh pendampingan/mentoring, pelaku UMKM bakal jauh lebih prepared dari berbagai kendala yang mungkin akan terjadi di masa depan. Gak cuma itu, Bang Sandiaga Uno bahkan menyebutkan di dalam podcast Gita Wirjawan dengan topik “Kesempatan Emas UMKM” #Endgame Part 2.

Bang Sandi? What did he say?

Well, he said.. 

“yang paling penting itu knowledge and skill set. Pemberdayaan itu dimulai dengan pelatihan dan satu paket dengan pendampingan.”

Ketika ditanya Bang Gita gimana cara untuk universalize the opportunities bagi pelaku UMKM.

Further more...

Bang Sandi menyebutkan bahwa ada tiga hal untuk universalize peluang yang ada, yakni:

1. Knowledge and skill set, yang mana ini memerlukan proses pelatihan dan pendampingan atau mentoring.

2. Access to market, bagaimana kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, “How you gain access to market place?”, “How do you get prerequisite?”, “How to access marketing?” serta “How to get access to capital?”

3. Permodalan, ini bisa melalu koperasi simpan pinjam, perusahaan pembiayaan, fintech. Jadi gak harus lewat perbankan.

Wihh, bener tuh Bang Sandi!

Of course! Jadi udah pahamkan seberapa pentingnya pelatihan dan pendampingan? Tapi gimana caranya dapetin pelatihan dan pendampingan yang akurat gak gampang guys. Cari yang pasti-pasti aja, kayak Femalepreneur Indonesia nih, muehehe..

Femalepreneur Indonesia?

Ayy! Femalepreneur Indonesia ini hadir untuk menyediakan platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan dan pengembangan diri bagi wirausaha melalui kelas interaktif dan pendampingan intensif dengan menggunakan 138 toolkits yang dibagi menjadi 3 paket yakni, paket starter, paket booster dan paket master. Wahh...

Ehh buruan daftar guys! Inget kata Bang Sandi! Pelatihan dan pendampingan comes first daripada modal. Hihihi..

 

 

Nur Rachmawati – Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.