Femalepreneur Academy Vol.03 Day 1 - Filosofi Pemancing dan IKIGAI

07 Apr 2021 Li Ling 0 Paket Khusus

Hai Pengusaha Hebat!

Apa kabarnya nih? Pasti kalian dalam keadaan yang baik - baik aja kan, hehe.. 

Di tanggal 27 Maret 2021, baru aja Femalepreneur Indonesia mengadakan Femalepreneur Academy Vol. 03 

WOOOOOOWWWWW pasti seru banget tuh acaranya. 

Jelas dong seru banget karena ada pembicara - pembicara kuece, antara lain ada: 

- Istia Hamdiati (Founder & CEO Paku Payung Corp) 

- Jati Waluyo ( Zeta Fashion )

- Mario Devan (Founder & CMO Femalepreneur Indonesia)

Di hari pertama, Sabtu 27 Maret 2021, Femalepreneur Academy dimeriahkan oleh Kak Istia yang memperkenalkan diri sekaligus produk - produk dari Paku Payung Corp yaitu:

1. Paku Payung Club

Brand penyedia produk busana muslim anak dan keluarga yang berkualitas, harga terjangkau dan bergaransi, sementara target pasar dari Paku Payung Club ini untuk masyarakat dengan kalangan menengah ke bawah.

2. Zeta Outfit 

Produk busana muslim anak dan keluarga yang memiliki nilai premium dan exclusive dan target pasar Zeta Outfit ini untuk masyarakat kelas menengah ke atas. 

3. Oshiby.ID

Produk yang menjual beragam kaos anak atau daily wear yang menarik dan target pasar oshiby.id ini untuk masyarakat menengah ke atas dan menengah ke bawah dengan harga yang kompetitif.

Materi menarik dari Kak Istia Hamdiati

Filosofi seorang pemancing!

Siapa sih pemancing? 

Pemancing adalah orang yang memancing ikan dengan menggunakan alat pancing.

Jadi Filosofi Seorang Pemancing (The Story Of Fisherman – Philosophy) sebagai gambaran pebisnis online. Jadi pebisnis itu adalah orang yang bisa menangkap value atau nilai dengan sumber daya yang dia miliki.

Kenapa value penting banget bagi seorang pebisnis? Jadi value itu adalah nilai atau manfaat dari produk yang mau kita berikan ke konsumen. 

Contoh ada Brand yang menjual pisau beda dari lainnya, warna dari keseluruhan pisau itu pink semua dengan kemasan yang menarik, lengkap satu set dan pisau ini bisa memotong apapun itu termasuk nilai produk dari yang ditawarkan pebisnis tersebut. 

Tujuannya? Supaya gak kalah saing sama kompetitor lainnya dan supaya brand yang kita miliki bisa dikenal banyak orang. 

Banyak orang yang mau menjadi pebisnis dan pertanyaan yang sering ditanyakan untuk pebisnis adalah:

Kenapa mau jadi pebisnis? 

Apa alasan kamu menjadi pebisnis? 

Strong why lainnya apa? 

Karena memang sepenting itu dan ini akan jadi bahan bakar untuk pebisnis untuk terus maju. 

Jadi intinya pentingnya sebagai pebisnis punya strong why yang kuat dan alasan kenapa ingin berbisnis. Misalnya mau membahagiakan orang tua atau ingin bulan madu dengan pasangan. 

Materi PENTING dari Jati Waluyo 

IKIGAI

Ada 4 Elemen Ikigai buat landasan pebisnis, dan kalau ingin berbinis jangan mengikuti bisnis orang lain seperti ketika ada pebisnis lainnya membangun bisnis skincare dan untung besar, kita sebagai pebisnis mengikuti untuk membangun bisnis skincare juga, jadi kita perlu ketahui dari 4 Elemen Ikigai yaitu :

1. Bidang apa yang dicintai? 

2. Bidang apa yang dikuasai? 

3. Apakah bidang tersebut dibutuhkan? 

4. Apakah bidang tersebut dibayar? 

Jadi dalam membangun bisnis harus dicari terlebih dahulu bidang apa yang kita cintai, jangan membangun bisnis yang tidak kita sukai nanti bosen jadinya. 

Cari bidang yang kita kuasai kalau kita semangat dan fokus dalam bidang tersebut lama kelamaan akan ahli di bidang tersebut. 

Dan menurut Malcom Gladwell waktu yang ditempuh itu minimal 10.000 jam terbang atau setara dengan 4 tahun untuk menguasai suatu skill baru, WOW, lama ya 4 tahun, tapi kebanyakan orang itu bisa 21 hari asal fokus dengan bidang tersebut. 

Carilah bidang yang dibutuhkan atau bermanfaat untuk banyak orang dan selain cari bidang yang dibutuhkan oleh banyak orang tentunya harus ada bidang yang dibayar mengapa? Karena untuk pengembangan bisnis dan sedekah dibutuhkan modal. 

Jadi, pada intinya Ikigai itu adalah Panggilan Hidup atau Jalan Hidup Seseorang. Kesimpulannya untuk menjadi pebisnis harus terapkan Ikigai yaitu bidang apa yang dicintai? Bidang apa yang dikuasai? Apakah bidang tersebut dibutuhkan? Apakah bidang tersebut dibayar? 

Berikut kombinasi 2 elemen yaitu :

1. Dicintai + Dikuasai = Kegemaran (Passion) 

2. Dikuasai + Dibayar = Profesi (Profession) 

3. Dibayar + Dibutuhkan = Pekerjaan (Vocation) 

4. Dicintai + Dibutuhkan = Tujuan (Mission)

Langkah ke-2 yaitu memahami dasar - dasar menjadi pemancing, jadi langkah ini merupakan suatu pondasi untuk pebisnis. Apa aja sih dasar - dasar menjadi seorang pemancing? Pahami target seorang pemancing dengan cara bermimpi besar (Strong Why). 

Jadi penelitian dari Abraham Maslow itu beliau meneliti kenapa orang kaya bisa sukses apa motivasi mereka? Menurut Abraham Maslow ada 5 motivasi atau 5 mimpi yang mendasari pebisnis bisa jadi sukses! Terdiri dari Physiological, Safety, Social, Appreciation dan Self – Actualization. 

Tentunya ada kebutuhan fisiologis yaitu makan, minum, udara, tidur, olahraga dan pakaian dan targetnya saya ingin menjadi pebisnis online yang sukses agar semua kebutuhan dasar saya dan keluarga dapat terpenuhi bahkan bisa berbagi. 

Tentunya tidak lepas adanya keamanan atau safety yaitu perlu adanya asuransi, tunjangan dan lainnya, targetnya itu saya ingin menjadi pebisnis online yang sukses agar saya dan keluarga mempunyai rumah yang layak, kendaraan impian, pekerjaan dan penghasilan setiap bulan yang mencukupi, bisa menabung dan investasi untuk masa depan. 

Alasan pebisnis sukses yaitu mempunyai saudara, sahabat atau teman, rekan kerja dan orang lain. Adanya kebutuhan untuk apresiasi, jadi bayangkan kita sebagai pebisnis memiliki status menjadi pemilik dari bisnis tersebut dan jadikan status sebagai kebutuhan kita sebagai pebisnis yang ingin dihargai.

Target, saya ingin menjadi pebisnis online yang sukses agar saya memiliki peran yang dibutuhkan oleh banyak orang. Langkah penting menjadi pebisnis sukses yaitu melampaui potensi sebaik - baiknya menjadi ahli dan happy dalam bidangnya, dari target itu saya ingin menjadi pebisnis online expert yang sukses agar bisa menjadi manusia yang bernilai dan bermanfaat bagi banyak orang.

 

Amelia Fiona - Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.