Femalepreneur Festival Day 1 Sesi 1 - Bersama Pengusaha Gethuk dan Ayam Bakar Geboy

18 Mar 2021 Li Ling 0 Story Femalepreneur

“One… two… three… wushh.”

Kak Emmy Surya ditemani oleh Kak Mario Devan selaku CEO dan CMO Femalepreneur Indonesia membuka acara pada siang hari ini (Jumat, 12 Maret 2021) dengan semangat.

Wah, ada seru-seru apa lagi, ya, kita kali ini?

Dalam rangka memperingati hari jadi Femalepreneur yang ke-1 tahun pada 7 Maret 2021 lalu, Femalepreneur Festival hari pertama ini dimulai dengan semangat Power Wush—sesuai dengan tema hari ini yaitu “Power”.

Memangnya, apa sih, Power itu? Power adalah kunci pertama yang berarti kekuatan. Femalepreneur ingin mengajak perempuan-perempuan hebat Indonesia untuk menjadi pribadi yang kuat dengan cara mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya sehingga tidak terbelenggu oleh keterbatasan dan dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Kekuatan ini diperlukan agar para perempuan dapat bangkit, berdiri, dan berwirausaha sehingga menjadi pribadi yang kuat dalam menjalankan bisnisnya.

Talkshow pada hari ini dibawakan oleh Kak Titik Rusmiati (COO Femalepreneur Indonesia) selaku moderator yang menemani jalannya acara, mulai dari membahas bisnis kuliner hingga tips meraup omzet besar di usia muda.

Kisah pertama dibagikan oleh Kak Maya Marthia (Owner Ayam Geprek Geboy), salah satu peserta program pelatihan Femalepreneur UMKM Championship pada akhir 2020 lalu, dengan materi bertajuk: “Ibu Rumah Tangga menjalankan usaha kuliner? Bisa!”

Berawal dari tahun 2008 membuka warung kecil-kecilan di garasi rumah setelah memutuskan resign dari tempat kerja dan sempat berhenti pada 2014 karena ingin fokus mengurus orang tua yang sakit, Ayam Bakar Geboy kembali dibuka pada 2017 hingga saat ini berhasil memperoleh omzet hingga 23 juta rupiah per bulan, meraih berbagai penghargaan nasional, sampai memiliki kemitraan yang telah menyebar di berbagai daerah.

Tentu kemudahan demi kemudahan yang diperoleh Kak Maya tidak terlepas dari tips-tips khusus yang konsisten dijalani, di antaranya Marketing Langit melalui SiJum dan semangat untuk terus melalui keikutsertaan dalam berbagai komunitas.

Kisah selanjutnya dibagikan oleh Kak Diva Velda (CEO & owner Oh My Gethuk) dengan tajuk utama “Peraih Omzet 2 Miliar di Usia 21 Tahun”. Kak Diva ini sempat viral dan diundang ke acara TV, lho, karena capaian omzetnya yang bikin orang geleng-geleng kepala. Sejak kecil, Kak Diva sudah memiliki ketertarikan di bidang wirausaha dan mengalami berbagai pahit-manis dalam berjualan. Bahkan, saat SMP Kak Diva sampai merelakan jabatan ketua OSIS agar dapat fokus berjualan.

Beberapa kali terpikir untuk berhenti karena lelah dengan kerasnya dunia bisnis, Kak Diva memutuskan untuk kembali maju dan terus mengevaluasi diri. Sepanjang perjalanan bisnisnya, Kak Diva banyak dibantu secara moral oleh ibunya sebagai pendorong sekaligus penahan dalam mengambil keputusan.

Kak Diva mulai membangun Oh My Gethuk pada 2017 dan menjadi CMO Selenia Water pada 2020. Memang, apa sih sebenarnya Oh My Gethuk yang berhasil mengantarkan Kak Diva pada capaian yang luar biasa ini? Mulanya, Oh My Gethuk berbasis di Malang, Jawa Timur. Masih kuliah semester 2, berawal dari rasa simpatinya terhadap petani singkong pada saat itu yang hanya bisa menjual seharga Rp 500, Kak Diva tergerak untuk ikut membantu para petani singkong.

Saat itu, Kak Diva bersama 2 teman kuliahnya yang lain mengikuti lomba wirausaha di salah satu universitas negeri di Malang. Melalui lomba itulah, Kak Diva bertemu dengan Hendy Setiono, seorang pebisnis sukses, yang saat itu menjadi juri dalam perlombaan tersebut. Pak Hendy menawarkan diri untuk berinvestasi dalam Oh My Gethuk dan bantu memperluas jaringan pasarnya hingga saat ini.

Sesi pertama di hari pertama ini dibuka dengan semangat yang luar biasa dengan peserta dari berbagai usia dan daerah, membuktkan bahwa tidak akan ada kata terlambat untuk memulai. Setelah mendengarkan kisah dari kedua pembicara, diharapkan dapat mengisi semangat para perempuan hebat Indonesia agar berani memulai usaha.

Eits, sesi pertama yang dilanjut oleh tanya-jawab ini tidak mengakhiri kebersamaan Femalepreneur kali ini, lho! Jangan lewatkan sesi kedua pada topik Power hari ini juga Passion dan Persistence selama 2 hari ke depan.

 

Hana Sausan – Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.