Femalepreneur Festival Day 2 Sesi 1 - Ngobrol Seru Tentang Bisnis dan Lingkungan

19 Mar 2021 Li Ling 0 Story Femalepreneur

Pada Sabtu, 13 Maret 2021 kemarin Femalepreneur Indonesia mengadakan acara Femalepreneur Festival yang dibagi atas dua sesi. Sesi ke-1 diadakan talkshow inspiratif bertema “PASSION” pada pukul 13.00 hingga 14.30 dan sesi ke-2 dimulai pada pukul 15.00-16.30 WIB yang membahas mengenai “Peran pembiayaan produktif sebagai solusi permodalam dalam menumbuhkan usaha."

Pada sesi-1, talkshow inspiratif berlangsung dengan sangat meriah dan seru karena ditemani oleh moderator yang keren, yaitu kak Titik Rusmiati atau yang biasa dipanggil Rosi (COO Femalepreneur Indonesia) serta Zahra Farahdiba (Team Femalepreneur). Speaker yang hadir pada talkshow inspiratif kali ini adalah Dr. Noryawati Mulyono, Direktur PT Seawedtama Biopac Indonesia dan Deasy Esterina, Founder Kreskros. Mereka adalah wanita-wanita pebisnis hebat yang juga peduli terhadap lingkungan.

Pada sesi-1 kak Noryawati membahas mengenai bagaimana cara beliau mengubah microplastics menjadi sebuah packaging yang ramah lingkungan. Beliau menerapkan solusi dari lingkungan kita, yaitu dengan memproduksi kemasan bio berbasis rumput laut tanpa limbah yang 100% dapat terurai secara hayati dan dapat dibuat kompos.

Biopac juga ternyata telah mendapatkan penghargaan yang cukup banyak. Tips yang dibagikan oleh beliau dalam membangun bisnis adalah temukan jalan bisnis kamu, definisikan visi bisnismu, dan membangun team. Beliau memaparkan bahwa bisnis bukan hanya tentang uang namun harus menjawab masalah dari masyarakat, bisnis juga bukan hanya ikut-ikutan trend namun harus mendefinisikan apa sebenarnya yang kita ingin buat. Membangun team juga harus sangat diperhatikan jika tidak maka hanya akan menggerogoti dan menghancurkan. Beliau memaparkan bahwa membangun bisnis ramah lingkungan tidak hanya di mulut, namun harus ada bukti dengan research atau testimoni dari customer.

 Kemudian, giliran kak Deasy memaparkan bahwa Kreskos berfokus pada kantong plastic yang dibuat kerajinan tangan, seperti tas, dan sebagainya. Kenapa harus kerajinan tangan? Karena kerajinan tangan adalah hal yang paling mudah untuk diajarkan. Jadi, tidak perlu minder untuk ikut bergabung karena pasti akan diajarkan, dan setiap orang punya porsi kerja masing-masing sesuai dengan kapasitasnya.

Fungsi mereka selain bisnis adalah bersama-sama mengurangi sampah plastik di bumi. Dalam membangun bisnis, Kreskos ada tahap naik dan turunnya, tetapi karena mempunyai team yang solid dan visi yang clear pasti bisa bangkit kembali. Contohnya saat pandemi ini omset yang turun 90%, namun jika mempunyai diferensiasi masing-masing pasti akan kuat.

Sebelum acara ditutup, terdapat kuis yang hadiahnya disponsori oleh Kreskos, Pakupayung Corp, dan Femalepreneur Indonesia.

 

Anggita Laurencia - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.