Femalepreneur Indonesia Terpilih Sebagai Salah Satu Pahlawan Digital Dari Kemenkop

24 Sep 2020 Li Ling 0 Informasi

Halo, Femalepreneur.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) sebelumnya punya program untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go digital.

Dengan tujuan tersebut, maka Kemenkop menggelar, "​​​​Pahlawan Digital UMKM 2020" dengan menyeleksi 126 pendaftar, para inovator luar biasa yang membantu UMKM. 

Putri Tanjung penggagas Pahlawan Digital UMKM, mengungkap saat ini telah terpilih 30 inovator digital yang siap mengikuti pelatihan.

"Program ini bukan hanya soal memenangkan kompetisi, tapi tentang bagaimana agar inovasi mereka berkembang dan dapat menjangkau lebih banyak lagi pelaku UMKM," kata Putri dalam konferensi pers virtual, Senin (21/9/2020) dikutip dari detik.com.

Menurut Putri para inovator yang mengikuti ajang bootcamp ini punya keunikan dalam memberikan solusi digital bagi UMKM. Misalnya Krealogi, yang menyediakan platform digital untuk manajemen rantai pasok (supply chain) bagi UMKM kriya. Ada juga Mantab yang mengajak pedagang minuman keliling untuk go digital

Selanjutnya, ada Femalepreneur.ID nih yang memberdayakan UMKM perempuan dengan menyediakan platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan melalui kelas interaktif dan pendampingan intensif.

Ada juga startup yang memberdayakan para petani, peternak dan nelayan dengan digitalisasi seperti Bisnisternak.id, Kang Duren, Belanjaikan.com dan Bonsay.

Berikut 30 inovator yang lolos seleksi dan masuk dalam 30 besar:

  1. Krealogi
  2. Mantab
  3. Femalepreneur.id
  4. Bisnisternak.id
  5. Kang Duren
  6. Belanjaikan.com 
  7. Bonsay 
  8. AppOn 
  9. Ayowebs 
  10. Auto Pilot Store
  11. Boleh.id
  12. Booble.id
  13. Cabang
  14. Chatbiz.id
  15. CrediBook
  16. Doit BMI
  17. Gets.id 
  18. Hey Indonesia
  19. Keroncongantar.com 
  20. Klik Direktori 
  21. Kopral
  22. Lapak Cerdas
  23. Lowcost Indonesia 
  24. Optima UKM
  25. Plaza Dayeuhluhur
  26. Restoku
  27. Soodu.id
  28. Kururio
  29. Finata 
  30. GardhaCatering 

Pelatihan berharga ini bakal didukung oleh Grab Indonesia dan Shopee biar manfaat ekonomi digital makin meningkat. Seperti kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja tentang pentingnya kolaborasi, inovasi dan kreativitas dalam mendukung kemajuan digitalisasi di Indonesia. 

"Kami yakin bukan hal yang tak mungkin untuk mewujudkan ekosistem yang baik guna mendukung Indonesia menjadi negara yang terdepan di sektor UMKM dan dapat bersaing di ranah internasional," ujarnya. 

Event Bootcamp akan berlangsung selama tiga pekan, mulai 23 September - 9 Oktober 2020. Ke-30 inovator akan dilatih oleh para mentor dan pengajar berpengalaman dari raksasa digital seperti FacebookShopeeDigitarayaGrab Indonesia, dan Studio Yord

Ada juga tokoh mentor sekaligus inovator digital terkemuka lainnya seperti Fajrin Rasyid yang kini menjabat sebagai Direktur Digital Business PT Telkom.  

Tema pelatihan yang diajarkan seputar product sprint, branding, design, digital marketing, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pengembangan bisnis, hingga cara memikat investor atau modal ventura. 

Dari ke-30 peserta bootcamp nantinya akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra dari Kemenkop untuk melakukan digitalisasi UMKM. Doakan semoga Femalepreneur.id bisa masuk 10 besar ya, dan jadi teman belajar bisnis UMKM perempuan di seluruh Indonesia, Amin. 

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.