Ingin Membuat Produk Jadi Hype? Berikut Tips-nya!

Hi, Femalepreneur. 

Saat kita sudah memiliki sebuah produk, tentu dibutuhkan persiapan yang matang agar produk tersebut dikenal luas, bahkan meledak di pasaran. Nah, dengan membangun sebuah hype baik sebelum dan sesudah produk diluncurkan, bisa menjadi kekuatan untuk membuat produk tersebut disambut dengan baik.

Maka dari itu diperlukan suatu strategi yang mumpuni untuk mendapatkan perhatian dan antusiasme masyarakat, gimana caranya? Baca sampai habis ya!

1. Sharing ke Semua Teman-Temanmu

Bagikan informasi mengenai produk yang akan atau sedang kamu launching ke semua teman-temanmu di media sosial maupun kehidupan nyata, di media sosial kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti instastory dan feed instagram, di samping itu kamu bisa mengontak temanmu untuk minta tolong agar produk yang kamu promosikan tadi di-posting ulang, hingga tersebar luas, dan jangan lupa siapkan template siap pakai agar mereka dapat mengakses serta menyebarkannya dengan mudah .

Meskipun agak ribet dengan menghubungi satu persatu kontakmu, namun cara ini cukup efektif, loh. 

2. Mengadakan Giveaway

Meskipun semua orang menyukai barang gratis, kamu harus memberikan sesuatu yang relevan dengan audiens atau konsumenmu, sehingga mereka mempunyai alasan untuk kembali mengunjungi tokomu, dan membeli produk kamu di masa yang akan datang. Serta dengan ini kamu juga bisa untuk membangun interaksi dengan konsumenmu sekaligus meningkatkan enggagmet dengan tokomu.

3. Membuat Teaser Produk

Untuk kamu penggemar K-pop pasti gak asing dengan istilah teaser, teaser sendiri berarti ‘penggoda’, yang mana bertujuan untuk menggoda dan memancing penonton agar lebih ingin tahu mengenai materi, konten, atau produk yang sedang kamu tawarkan.

Dan jangan lupa untuk menyertakan ‘kenapa’ peluncuran ini akan datang serta gunakanlah cerita untuk menciptakan hype di produkmu.

 

 

4. Gunakan Timer Hitung Mundur

Maksudnya di sini adalah dengan menciptakan urgensi, atau penawaran dalam waktu terbatas yang dapat mendorong konsumen untuk bertindak dengan cepat, karena seringkali banyak orang yang tertarik dengan suatu penawaran, namun teralihkan dan tidak pernah kembali lagi ke halaman penjualan atau toko yang telah dilihat sebelumnya.

Karena konsumen mudah lupa dan gak tertarik lagi, jadi dibutuhkan pengingat, semacam ‘urgensi’ bahwa nantinya tawaran tersebut akan selesai, saat konsumen tahu mereka akan buru-buru membeli produk atau menggunakan jasa kita.

5. Aktifkan Iklan Berbayar

Banyak media sosial yang memiliki fitur iklan gratis ataupun berbayar seperti instagram dan facebook. Iklan berbayar dengan harga yang terjangkau ditambah dengan sasaran yang sudah ditentukan sesuai keinginan kita, jadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Makin banyak promosi, makin dikenal produk tersebut, sehingga kepercayaan masyarakat akan lebih meningkat kepada toko kita.

6. Memanfaatkan Video

Pemasaran dan promosi melalui video sangatlah kuat, tampilkan video produk kita dan ciptakan cerita ‘mengapa’ produk atau jasa tersebut kita tawarkan. Kamu bisa membuat video 15 detik untuk diposting di instastory, atau durasi 1 menit untuk feed instagram, dan jangan lupa untuk membuatnya dengan kreatif dan semenarik mungkin!.

7. Menciptakan ‘Kelangkaan’ Produk

Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan ketakutan pelanggan jika mereka akan kehabisan suatu produk, biasanya bentuk dari ‘kelangkaan’ ini dengan memberikan penawaran dengan waktu terbatas, memberitahu jika jumlah produk terbatas atau promosi bersifat one-time, contohnya flash sale untuk menciptakan urgensi dan menaikkan kelangkaan produk.

Kita juga bisa memainkan strategi ‘out of stock’, seolah-olah produk tersebut sangat populer hingga cepat habis.

 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan supaya produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat hype di tengah masyarakat luas, semangat bagi yang sedang merintis maupun yang telah lama menggeluti dunia bisnis ini. Jaga terus kesehatan dan semoga sukses!

 

 

Witari Drafenza - Femalepreneur Indonesia 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.