Kelas Ke-2 UMK Championship Bootcamp : Design Produk & Kemasan

Hai, Femalepreneur.

Pada hari Senin, 12 Oktober pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB, UMK Championship Bootcamp sesi ke-2 sukses terlaksana via Zoom.  

Pada kesempatan ini, Femalepreneur bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah provinsi Banten untuk memberi pelatihan kepada pelaku mikro bisnis di wilayah Banten dan sekitarnya.

Sesi kedua di buka dengan materi Design Produk dan Kemasan. Dan diikuti oleh 214 peserta yang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini.

Dibawakan oleh Kak Mario (Chief Marketing Officer Femalepreneur Indonesia) materi yang disampaikan sangat menarik dan dikemas dengan baik dan mendapatkan antusias yang besar dari peserta. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan setelah sesi belajar selesai dilaksanakan.

Menentukan design dalam kemasan merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk karena memberikan nilai tambah dan menjadi pembeda produk kita dari produk lainnya. Kemasan menjadi hal yang perlu diperhatikan karena memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan.

Untuk mendapatkan kemasan yang tepat dan sesuai dengan produk yang akan dijual kita harus memahami beberapa hal berikut:

1. Apa yang dijual

2. Seberapa besar produk

3. Terbuat dari apa

4. Apakah mudah pecah

5. Siapa penggunanya

6. Cara customer membeli produk Anda

Karena dengan memahami betul mengenai produk yang akan dijual, maka kita akan bisa mendapatkan kemasan yang baik sesuai dengan produk kita.

Kemasan juga dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Sekali pakai. Contoh : plastik

2. Dapat dipakai secara berulang. Contoh : botol kecap

3. Tidak dibuang. Contoh : Kaleng biskuit

Dalam menentukan design produk, terdapat 6 hal yang harus diperhatikan: 

1. Warna

Karena warna bisa digunakan untuk menentukan siapa target market kita. Setiap warna memiliki efek psikologis yang berbeda.

2. Font

Gunakan font yang jelas dan mudah terbaca .

3. Berbeda, terjangkau dan tersedia

Berbeda supaya produk kita unik dan menarik. Kemasan juga harus terjangkau, jangan sampai harga untuk kemasan jauh melebihi harga produk dan pastikan apakah design tersebut tersedia di negara kita.

4. Mudah dibuka dan dibawa

5. Bahasa dan gambar

Hal ini diperlukan karena orang Indonesia cenderung mudah menerima hal yang berbau visual.

6​​​​. Relevan

Pilihlah warna, gambar dan font yang sesuai dengan target market kita.

Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas, maka kemasan sebuah produk bisa menjadi nilai tambah bagi penjualan jika kemasannya menarik dan bagus untuk dilihat.   

 

 

Stephanie Michelle Femalepreneur Indonesia  

 

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.