Kelas ke-8 UMK Champion Bootcamp Banten Dengan Toolkit “Pentingnya Membuka Toko Online” Part 1

Hallo, Femalepreneur!

Tepat di hari Kamis tanggal 15 Oktober 2020 pukul 14.00-16.30 WIB, Femalepreneur melanjutkan kelas ke-8 dengan toolkit 'Pentingnya Membuka Toko Online' yang dibawakan oleh Fauzan Majid dari Tokopedia. Toolkit ini merupakan toolkit terakhir di acara UMK Champion Bootcamp Banten kali ini.

Di tengah pandemi covid-19, kebutuhan berbelanja online semakin meningkat dan lebih dari 140 juta orang di Indonesia telah terhubung dengan internet. Nah, oleh karena itu dalam kelas ke-8 ini, Fauzan Majid telah menjelaskan langkah-langkah ketika mulai berjualan di Tokopedia secara online dan beberapa tips and trik untuk sukses berjualan di Tokopedia. 

Pertama-tama, sebelum memulai berjualan online di Tokopedia, apa sih kelebihan dari berjualan online?  

1. Gratis 

Berjualan online di Tokopedia gratis dan sangat mudah untuk dilakukan. Penjual tidak perlu membayar biaya sewa tempat ataupun pegawai, karena semua penjualan hanya perlu dilakukan secara online melalui gadget kesayangan anda. 

2. Fleksibel 

Jam kerja sangatlah fleksibel dan anda bisa melakukan transaksi di manapun dan kapan pun anda berada selama gadget anda terkoneksi dengan internet.

3. Jangkau seluruh Indonesia 

Calon pembeli produk anda merupakan penduduk di seluruh wilayah Indonesia.

4. Layanan pengiriman terlengkap 

Anda bisa mengirim barang dari manapun ke mana saja seperti yang anda mau, bahkan hingga ke polosok Indonesia!

5. Fitur pendukung penjualan 

Banyak fitur-fitur di Tokopedia yang bisa membantu anda untuk mengembangkan toko online anda agar semakin cepat berkembang dan banyak terjual.

Nah, setelah mengetahui kelebihan berjualan online, tentunya Femalepreneur mau dong untuk berjualan online. Lalu, untuk langkah-langkah berjualan online di Tokopedia adalah sebagai berikut: 

1. Buka aplikasi > Klik 'Akun' > Klik 'Akun Toko' 

Apabila anda telah memiliki akun Tokopedia anda bisa langsung membuat Akun Toko. Namun apabila anda belum memiliki Akun Toko, anda bisa membuat akun Tokopedia terlebih dahulu.

2. Klik 'Buka Toko Gratis' 

Persiapkan data-data yang akan anda gunakan untuk membuka toko, seperti nama toko, slogan toko, deskripsi toko, dan lain-lain, yang mana nanti anda perlu masukkan informasi tersebut sesuai dengan kolom yang disediakan.

3. Masukkan nomor ponsel dan verifikasi 

Untuk pengguna baru, maka anda harus memasukkan nomor ponsel dan melakukan verifikasi dengan OTP.

4. Masukkan nama pemilik akun 

Gunakan nama pemilik akun sesuai KTP anda untuk keperluan penarikan saldo ke rekening bank kedepannya.

5. Tentukan nama toko dan domain 

Pastikan nama dan domain toko anda mudah diingat dan tidak akan diubah.

6. Masukkan alamat toko yang lengkap 

Pastikan anda memuat nama jalan, nomor bangunan, dan RT/RW yang lengkap untuk memudahkan kurir menjemput atau mengantarkan barang.

7. Selesai! Tokomu pun bisa segera mulai digunakan! 

Sebaiknya anda mengunggah produk jualan sebelum 90 hari, dan download aplikasi Tokopedia Seller untuk kemudahan dalam mengatur toko. 😊

 

 

Adriani Putri - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.