Kelas Master Hari Ke-3: Manajemen Produksi itu Seperti Apa sih?

24 Feb 2021 Li Ling 0 Paket Khusus

Program Pelatihan Paket Master Femalepreneur Indonesia hari ke-3 masih berlangsung pada hari Rabu, 17 Februari 2021 yang dimulai pada pukul 13.45 hingga pukul 16.00 WIB, dimentori oleh Kak Emmy, Kak Rosi dan Kak Mario. Kira-kira para mentor kesayangan pada bawain materi apa sih?

This is our toolkit you questioned about..

Yash, materi Manajemen Produksi! Dalam dunia bisnis, manajemen merupakan faktor penting yang patut untuk kita berikan perhatian lebih. Karena dengan menerapkan sebuah manajemen, kita akan dengan lebih mudah untuk mengatur, mengelola dan mengontrol berbagai aspek pada perusahaan.

Manajemen produksi punya 3 aspek penting yang dapat membantu perusahaan menghasilkan suatu produk yang berkualitas, 3 aspek tersebut di antaranya:

1. Perencanaan Produksi

Rencana produksi dibuat secara berkala untuk periode waktu tertentu, yang disebut planning horizon. Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis.

2. Pengendalian Produksi

Pengendalian produksi bertujuan agar dilakukannya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Ada empat tahap, langkah, teknik, atau hal-hal penting dalam proses pengendalian menurut British Standards Institute di antaranya:

• Routing (Penyusunan Alur): Proses menentukan jalur pekerjaan dan urutan operasi.

• Scheduling (Penjadwalan): Atur waktu pekerjaan kapan mulai dan selesai, baik tanggal dan waktu setiap operasi.

• Dispatching (Penugasan): Proses produksi berdasarkan tanggung jawab

• Follow-up (Peninjauan Ulang): Proses menemukan dan menghilangkan cacat produk, keterlambatan, kemacetan atau masalah produksi lainnya.

3. Pengawasan Produksi

Pengawasan pada kegiatan produksi dilakukan pada seluruh aspek kegiatan yang berkaitan dengan produksi, meliputi: kegiatan proses produksi; kualitas produksi atau jasa yang dihasilkan; biaya produksi/operasi yang dikeluarkan; tenaga kerja yang melakukan kegiatan produksi.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini yakni, menetapkan kualitas, menetapkan standar barang atau jasa, serta memastikan pelaksanaan produksi tepat waktu

Ada lagi gak tahap manajemen produksi lainnya?

Ada dong! Selain perencanaan, pengendalian, dan pengawasan produksi, manajemen produksi juga perlu melakukan hal penting ini, di antaranya:

1. Menyiapkan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja

Selain untuk menjamin keberlanjutan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, penerapan prosedur keselamatan kerja di tempat kerja ditujukan untuk menanggulangi kecelakaan maupun penyakit akibat kerja.

2. Mempertahankan Kualitas Produk

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terrapin untuk meningkatkan kualitas produksi di lingkungan manufaktur:

Langkah 1: Terapkan pola pikir kerja tim

Langkah 2: Definisikian kualitas dari perspektif konsumen

Langkah 3: Kembangkan pemahaman organisasi akan biaya untuk kualitas

Langkah 4: Pecahkan masalah hingga ke akarnya

Langkah 5: Terapkan disiplin yang kuat dalam menjalankan proses (punish & reward)

3. Memberikan SKU pada produk

SKU punya kepanjangan dari Stock Keeping Unit yang mana adalah kode unik yang dibuat untuk memudahkan identifikasi setiap produk.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai beberapa tahap gimana supaya manajemen produksi kamu tetap jalan. Tungguin materi selanjutnya! Catch ya later..

 

Nur Rachmawati - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.