Mahasiswa Cukup Kuliah, Ngapain Bisnis?

“Kuliah sekaligus bisnis? Gak ribet?” 

“Udah sih bisnis ya bisnis aja, kuliah ya kuliah aja. Gak bisa jalan barengan gitu”

Pasti udah gak asing lagi kan sama dua kalimat itu? Terlebih lagi kalau kalian adalah seorang mahasiswa yang sedang menjalankan bisnis milik pribadi. Pepatah “sambil menyelam minum air” cocok banget sih buat mahasiswa yang bisa membagi fokusnya antara kuliah dan bisnis. Kalian keren banget! Karena dengan mulai berbisnis sejak muda bisa bermanfaat di masa depan, loh!

Berbisnis sekaligus kuliah bisa membuat kalian punya banyak pengalaman untuk cari uang sebelum akhirnya kalian lulus kuliah. Bisa jadi bisnis yang sedang kalian jalani sekarang bisa membuka banyak pintu rezeki untuk kalian di masa depan.

Berbisnis bisa membuat kalian pintar untuk mengelola keuangan. Ide kreatif yang kalian miliki juga bisa terus berkembang. Selain itu, kalian bisa menjaring banyak relasi. Biasanya sih kalau masih muda pasti banyak interaksi dengan teman sebaya, atau kalian juga bisa memulai kerja sama dengan pengusaha yang sudah berpengalaman.

Kalau kalian belum mulai berbisnis, tapi punya rencana untuk berbisnis, Femalepreneur punya beberapa ide bisnis yang bisa banget untuk kalian coba!

1. Jual pulsa elektrik

2. Event Organizer

3. Online Shop

4. Jasa pembuatan halaman web

5. Jual beli barang bekas yang masih layak pakai

6. Reparasi komputer atau laptop

7. Jasa pembuatan desain

8. Buket bunga untuk wisuda

9. Buket makanan ringan untuk wisuda

10. Jasa antar barang

11. Jasa ketik untuk tugas kuliah

12. Kuliner berupa makanan atau minuman yang mudah dibuat

Berbisnis selagi muda juga bisa menambah uang bulanan kalian, loh! Jadi udah gak perlu lagi deh minta uang transferan bulanan ke orang tua! Kalau kalian sudah mulai berbisnis, jangan pernah lupain kuliah kalian juga, ya! Jangan sampai meninggalkan kuliah karena terlalu sibuk berbisnis. 

Kalian bisa juga ajak teman kalian untuk jadi partner bisnis. Tujuannya sih untuk berbagi tugas dalam hal bisnis, jadi beban masing-masing individu gak terlalu berat, deh!

Kamu para mahasiswa yang tertarik belajar bisnis lebih jauh? Follow aja media sosial @femalepreneur.id untuk tahu tips dan trik bisnis keren lainnya. 

 

Azra Aulya – Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.