Mana Suara Bisnismu?

Halo, halo, semua temen-temen hebat yang ada di sini. Sering kali ketika kita memulai sebuah bisnis baru, banyak banget yang harus dipikirin. Mulai dari mau buka bisnis apa, modalnya berapa, pasarnya siapa, dijual di mana, ijin-ijinnya gimana, sampe berapa lama waktu persiapan yang kita butuhin. Tapi jangan lupa nih, ada satu hal yang gak kalah penting dalam persiapan bisnis, yaitu suara bisnis.

Iya, suara bisnis. Percuma kan kalau kamu semua buka bisnis tapi gak punya suaranya? Gimana mau didenger sama konsumen kamu? Gimana mau laku bisnis kamu itu terjual kalau suaranya aja masih kecil dan malu-malu. Konsumen kamu juga pastinya bingung.

Nah, yang aku maksud dengan suara bisnis di sini adalah gimana kamu mempromosikan bisnis kamu ke target pasarmu. Suara bisnis itu harus kuat, percaya diri, dan penuh kebanggaan. Karena dengan demikian, konsumen juga akan tertarik dengan produk yang kamu promosikan dengan penuh kebanggaan itu. 

Tapi kebalikannya, kalau kamu malu-malu promosi bisnis kamu, atau bahkan males promosi, bisa-bisa kelelep tuh suara bisnis kamu. Konsumen gak akan tau kamu punya bisnis seperti itu. Percuma dong jadinya. Apa gunanya bisnis kalau gak ada konsumen?

Di mana-mana, tujuan bisnis pasti salah satunya adalah untuk mencari keuntungan. Dan keuntungan itu hanya bisa didapet kalau kamu berani menyuarakan bisnis kamu. Buat kamu yang masih baru membuka bisnis, mulai menyuarakan bisnis kamu ke temen-temen ataupun keluarga kamu. Jangan merasa malu atau gak enakan untuk promosi, toh mereka juga akan ngerti kok kalau kamu promosiin bisnis kamu. Kamu juga bisa buka media sosial untuk mengoar-ngoarkan bisnis kamu itu.

Nah, disini aku mau bagi beberapa Tips supaya suara bisnis kamu itu makin lantang dan mudah didengar konsumen kamu. Yuk disimak yuk!

1. Pakai Tagline Unik

“Wes ewes ewes bablas angine!”

Tentunya masih pada inget sama tagline melegenda itu dong. Begitu baca tulisannya aja, serasa bisa langsung ngedenger suara dan nada bicaranya! Nah, salah satu kunci penting supaya bisnis kamu bisa didenger konsumen adalah dengan buat tagline yang unik dan segar, tapi tetep menggambarkan bisnis yang kamu punya. Tagline ini bisa apapun kok. Semakin kreatif tagline yang kamu punya, maka orang pun akan semakin mengingat bisnis kamu. Jadi jangan sepelein masalah tagline ini ya!

2. Logo yang Menarik

Selain tagline, logo juga gak kalah penting lho! Logo yang menempel dan punya karakteristik yang emang mewakili suatu bisnis biasanya lebih mudah diingat! Contohnya kaya logo fast food McDonald yang cuma huruf M dengan warna kuning. Meski simple, logo ini bisa dibilang melegenda dan bener-bener mewakili karakteristik dari McDonald itu. Ketika liat huruf M warna kuning, kita pasti langsung keinget sama makanan ini! Karena itulah, logo yang menarik ini penting buat bikin suara produkmu makin keras.

3. Media Promosi

Mau gimanapun lagi, media promosi memainkan peran penting buat bikin bisnis kamu semakin didengar. Tempat promosi ini bisa diibaratkan kaya speaker yang bisa bikin suara bisnismu semakin keras. Ibarat gampangnya gini aja, produk yang diiklankan secara rutin di TV dengan produk yang diiklankan di radio, pasti mencapai target konsumen yang berbeda. 

Mungkin aja produk yang diiklankan di TV itu emang target konsumennya ibu rumah tangga dan anak-anak, dan yang di radio itu bapak-bapak atau orang yang sering berkendara di jalan. Apapun itu, sesuaikan media promosi sama target konsumen kamu.

Percuma kamu promosi di mana-mana tapi suaranya gak mencapai target konsumenmu. Pikirin media apa yang lagi cocok buat promosi bisnis kamu, apa itu lewat Instagram? Atau lewat Tiktok? Atau lewat media lainnya?

Sekali lagi, jangan pernah ngerasa takut atau minder buat nyuarain bisnis kamu! Kasian, kamu udah capek-capek bangun bisnis, tapi bisnismu ini malah gak bersuara. 

Kamu harus merasa bangga dan percaya diri dengan bisnis yang kamu bangun! Kalau kamunya aja minder, gimana konsumen bisa dateng?

Jadi, ayo mulai suarakan bisnismu!

Kalau bisa, buat bisnismu teriak sekeras mungkin supaya semua orang tau tentang bisnismu!

 

Agnes Z. Yonatan – Femalepreneur

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.