Mengenal Dropship, Bisnis Simpel Nyaris Tak Bermodal!

Absen dulu dong, siapa aja yang udah tahu apa itu sistem dropship? Nah, buat yang belum tahu, Femalepreneur kasih tahu deh apa itu sistem dropship! Konsep sistem dropship adalah penjual (dropshipper) menghubungkan produsen atau pemasok (biasanya importir atau kulakan) dengan pembeli. Nah, dalam hal ini nantinya dropshipper jadi pihak ketiga.

Terus sistem dropship itu kaya gimana sih? Jadi sistem dropship itu adalah salah satu sistem penjualan di mana penjual ataupun dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (stock barang). 

Bisnis dropship ini bisa dilakukan di mana saja, loh. Tapi koneksi internet tetap harus diperhatikan ya! Karena bisnis ini lebih banyak dilakukan di media sosial dan marketplace, jadi usahakan kalian punya koneksi internet yang stabil.

Barang yang dijual apa aja sih? Banyak banget! Contohnya makanan, minuman, kosmetik, pakaian dan aksesoris.

Banyak yang bilang juga kalau droship sama dengan reseller. Tapi yang buat keduanya jadi beda adalah dalam sistem dropship, barang bisa dikirim langsung dari pemasoknya kepada pembeli. Jadi penjual gak perlu menyediakan tempat dan repot menyimpan ataupun melakukan pengemasan barang untuk dikirim kepada pembeli. Ternyata cukup praktis ya sistem dropship ini.

Biasanya, reseller harus mengeluarkan uang untuk membeli stock barang dari pemasok untuk kemudian dijual kembali. Kalau dropshipper sih cukup mencari pelanggan saja, jadi gak harus mengeluarkan banyak uang karena semuanya sudah diurus oleh pemasok.

Jika sudah dapat pelanggan, dropshipper bisa langsung menghubungi pemasok barang dan mengirimkan pesanannya langsung ke alamat pembeli. Mudah, bukan?

Keuntungannya dari mana? Dropshipper dapat keuntungan dari selisih harga yang sudah ditentukan antara pemasok dengan harga jual ke pembeli yang ditentukan oleh dropshipper.

Setelah baca artikel tentang dropship ini, kalian jadi tertarik untuk mulai bisnis dropshipper? Kenapa harus jadi dropshipper? Karena sistem kerjanya yang praktis banget, nyaris tanpa modal, hanya berbekal smartphone dan jaringan internet yang kuat kalian sudah bisa memulai bisnis ini. Buat kamu yang nyari bisnis simpel tanpa modal ini bisa banget cobain dropship sebagai langkah awal memulai bisnis. 

 

Azra Aulya – Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.