Paket Kelas Master Hari Ke-3: Meningkatkan Produktivitas

25 Feb 2021 Li Ling 0 Paket Khusus

Ini nih pembahasan lanjutan yang dibawakan oleh Kak Rosi pada Kelas Paket Master, Rabu, 17 Februari 2021.

Iyaa pembahasannya apa?? Materinya tentang, bagaimana cara meningkatkan produktivitas buat kamu seorang, cailahh, udah ah serius yuk simak penjelasan di bawah ini, hehehe .. 

Meningkatkan produktivitas itu apa?

Adalah upaya untuk memaksimalkan energi yang dimiliki setiap harinya untuk mendapat hasil terbaik dan lebih produktif, hingga pada akhirnya mampu mencapai kebahagiaan yang diharapkan.

Gimana sih supaya produktivitas meningkat?

Waktunya fokus dan pay attention pada teori ini!

Tahap 1 - Keadaan “flow”

Flow atau mengalir adalah berapi-api, fokus, prima, konsentrasi penuh, terpusat, in the zone, present, in the moment, groove, in tune, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk mencapai produktivitas dan kebahagiaan. Gimana caranya? Kamu bisa hindari lingkungan bising sehingga bisa lebih fokus dalam bekerja, serta tanamkan fokus pada proses bukan hasil.

Tahap 2 - Teori "Eat That Frog"

“Eat That Frog! Refers to completing the biggest, ugliest task you may have on your plate on any given day.” - Brian Tracy, seorang pengusaha.

Disiplinkan diri kamu dengan berusaha mengerjakan pekerjaan yang paling penting, dan paling sulit di pagi hari. Jika kamu mengerjakannya dan selesai, artinya kamu akan mampu menghindari sikap menunda-nunda pekerjaan dan dapat meningkatkan self-discipline.

Tahap 3 - Teori Procrastinate on Purpose

Teori dari Rory Vaden ini adalah tentang mengelola pekerjaan agar dapat selesai dengan waktu yang sesuai. Teori Procrastinate on Purpose ini harus melewati rangkaian kegiatan di antaranya:

1. Eliminate: The Permission to Ignore

Berhenti melalukan hal-hal yang gak penting sehingga waktu untuk melakukan produktivitas lainnya gak terganggu lagi. Kamu harus bisa 'say no' untuk sesuatu pekerjaan yang kurang prioritas, karena ini dapat mengganggu fokusmu pada produktivitas pekerjaan.

2. Automate: The Permission to Invest

Kamu bisa membuat otomatisasi terhadap suatu hal yang gak perlu lagi dilakukan secara manual, sehingga fokusmu bisa untuk hal yang lebih penting lagi. Misalnya membuat FAQ otomatis, Payment Bills otomatis, Backup data otomatis dan lain sebagainya.

3. Deligate: The Permission to Imperfect

Pekerjaan yang kamu delegasikan kepada pegawai, gak menutup kemungkinan kalau hasil pekerjaannya sesuai sama apa yang kamu harapkan. Artinya ada ketidaksempurnaan pada hasil kerjanya, tapi ini harus diterima sembari melakukan evaluasi berjalan.

4. Procrastinate: The Permission to Incomplete

Untuk melatih agar tidak telat atau juga terlalu cepat, dapat kamu coba teknik BATCHING yang mana teknik ini melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu, sehingga gak perlu lagi dikerjakan menyicil. Contohnya, ketika kamu mau belanja ke supermarket, tulis semua yang dibutuhkan untuk 1 bulan ke depan, sehingga dalam 1 bulan itu kamu gak perlu lagi bolak-balik belanja.

5. Concentrate: The Permission to Protect

Jika sebuah pekerjaan gak bisa selesai tanpa kamu sendiri yang menyelesaikannya, maka jadikan pekerjaan itu sebuah prioritas dan dikerjakan oleh kamu sendiri.

Tahap 4 - Prinsip Pareto

Studi menunjukkan bahwa 80% keuntungan perusahaan datang dari 20% pelanggannya dan 80% penjualan dibuat oleh 20% staf penjualannya. Perhitungan 80/20 ini bisa kamu jadikan brainstorming terhadap pekerjaanmu.

Tahap 5 - Teknik Podomoro

Metode manajemen waktu ini dilakukan dengan beberapa sesi di mana setiap sesi terdiri dari 4 x 25 menit dan setiap 25 menit diberikan waktu istirahat selama 5 menit.

Tahap 6 - Terapkan “Mindfulness”

Mindfulness adalah suatu metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan suasana hati dan memori kerja. Dengan berlatih mindfulness memungkinkan kamu tetap tenang dan gak emosional dalam menghadapi masalah apapun. Kamu bisa menerapkan mindfullness dengan luangkan waktu sejenak setiap hari dan fokus terhadap nafas.

 

Nur Rachmawati - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.