PART 2 | Kelas ke-4 UMK Champion Bootcamp Banten Dengan Toolkit Desain Konten “Promosi di Media Sosial”

Halo, Femalepreneur!

Yuk, langsung aja simak jangan ditunda.

Tahap 3 – Mengenal Konten Alternatif yang Powerful 

Brand juga harus mampu bersosialisasi dengan konsumen lewat konten-konten yang bervariasi dan menyenagkan, sekaligus menguatkan brand image kamu. Kamu bisa simak di bawah apa saja sih alternatif konten yang patut dicoba!

Pertama, How-To’s and Tutorials. Konten ini berisi cara penggunaan dan tutorial.

Kedua, Sharing User Generated Content (UGC). Konten yang dibuat oleh konsumen kita, tentunya yang menarik ya.

Ketiga, Behind-the-Scenes-Stories. Konten dibalik layar, kamu bisa menunjukkan saat proses produksi yang aman dan bersih. Tentu dengan konsep yang menarik juga ya guys, supaya audiens bakal senang lihatnya.

Keempat, Time-Sensitive Offers, Deals and Promos. Kamu bisa membuat promo-promo atau giveaway kepada konsumen untuk meningkatkan rasa senang konsumen terhadap kamu dan produkmu. Jangan selalu mempromosikan produk tapi tidak memberi kesenangan terhadap konsumen, kalau begitu terus konsumen kamu akan bosan dong..

Tahap 4 – Memahami Tips Foto Produk 

Mengambil foto juga perlu tips dan triknya supaya produk kamu terlihat bagus dan profesional guys. Dalam mengambil foto kamu harus perhatikan cahaya, jam terbaik mengambil foto sekitar jam 8-9 pagi di luar ruangan. Kemudian cari angle foto dari berbagai sudut dan gunakan tripod agar menghindari foto blur karena tangan kamu shaking. Gunakan juga background warna yang clean, seperti putih agar mudah diedit. White space juga perlu dimanfaatkan lho.

Sekedar ngasih tau nih, kamu bisa cek tips lengkapnya di Instagram @femalepreneur.id untuk informasi lengkapnya guys, hehe..

Tahap 5 – Memahami Pemanfaatan Aplikasi 

Kamu perlu memanfaatkan aplikasi yang dapat menunjang konten kamu, agar konten kamu bisa lebih bagus lagi. Cari aplikasi seperti Remove.bg, Snapseed/Picsart/Lightroom, Canva, untuk mengedit-edit foto kontenmu serta aplikasi edit video seperti Filmora dan Quick untuk menghindari watermark yang mengganggu kontenmu. Selamat mencoba guys!

Tahap 6 – Memahami Pemanfaatan Website 

Untuk mendukung konten media sosial, kamu tentu ingin memiliki gambar yang menarik dan gratis kan? Nah, langsung cek di bawah apa aja sih websitenya?

Unsplash dan Pixabay, foto-foto ilustrasi yang cocok bagi kamu yang produknya berupa jasa atau ingin membuat konten story.

Freepik, website ini sangat lengkap, mulai dari gambar vektor, ilustrator, foto hingga template yang bisa kamu download dan edit lagi.

Evernote.design, semacam agregator yang berisi kumpulan situs yang menyediakan jasa designer secara gratis.

Pngtree, berisi gambar dengan format PNG

Giffer, berisi gambar dengan format GIF atau gambar bergerak.

Finnaly, kita masuk ke tahap terakhir guys, let’s go! 

Tahap 7 – Memahami Tips Untuk Growth Hack 

Singkatnya Growth Hack itu adalah proses eksperimen cepat yang melibatkan jalur marketing, pengembangan produk, segmentasi penjualan dan unsur bisnis lain untuk menumbuhkan produk kamu.

Berikut 5 tips Growth Hack yang bisa kamu terapkan! 

Konsisten, gunakan tone warna yang seragam. Kamu bisa lihat Gojek dengan warna hijau, Shopee dengan warna orange, kalau Femalepreneur taukan warnanya apa? 😃

Fokus, fokus dengan konten kamu, pastikan kamu membuat konten minimal 1 setiap hari dalam 90 hari.

Up to date, tiap tahunnya pasti muncul tools dan ilmu baru dalam pembuatan konten, pastikan kamu selalu update dan belajar terus ya.

Berkolaborasi, kamu bisa saling berbagi tips, support dan bahkan saling order dengan teman-temanmu.

Update kualitas, selalu belajar dan evaluasi terhadap produk kamu, jangan cepat puas!

Demikian ilmu yang disampaikan Kak Mario, Kak Emmy dan juga Kak Rosi dalam kelas ke-4 ini. Jangan lupa kamu terapkan dalam kegiatan usaha kamu ya guys, semoga sukses selalu. See you! 

“Konten dengan gambar yang relevan mendapat 94% lebih views dari konten tanpa gambar yang relevan” 

 

 

Nur Rachmawati – Femalepreneur Indonesia 

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.