Pentingnya Sebuah Legalitas Pada Pelaku Bisnis dan UMKM

Hai, Femalepreneur .

Apakah Anda sedang merintis sebuah usaha atau salah satu dari pegiat UMKM?

Jika iya, artikel ini sangat pas bagi Anda yang sedang mengurus usaha dan mungkin masih banyak yang bertanya-tanya seberapa penting sih sebuah legalitas dalam usaha. Mengapa hal demikian perlu dilakukan dan keuntungannya apa saja dengan itu semua?

Seiring berkembangnya usaha Anda, pasti lambat laun akan menjadi sesuatu yang besar bukan? Maka perizinan adalah salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan. Namun terkadang masih banyak dari pelaku usaha yang masih menunda-nunda dalam mengurus perizinan tersebut, mengapa?

Pertama, mereka masih beranggapan kalau tanpa perizinan pun, usaha masih bisa tetap jalan. Kedua, kebanyakan dari mereka merasa kalau usahanya dirasa belum cukup besar. Ketiga, hal yang banyak dikeluhkan oleh para pelaku usaha adalah malas berurusan dengan pemerintah. Biasanya persyaratannya yang bikin ribet dan banyak permintaan, menjadi salah satu faktor penyebab utamanya.

Ada kemungkinan juga kalau Anda memang merasa belum membutuhkannya sekarang, bisa jadi butuhnya di kemudian hari. Mungkin kita tidak pernah tahu kendala apa yang akan kita hadapi ke depan dalam menjalankan suatu usaha. Jika saja di tengah perjalanan merintis usaha menghadapi suatu masalah, pastinya Anda sudah mempunyai kesiapan yang cukup dengan adanya legalitas.

Berikut beberapa manfaat dari mengurus legalitas dalam bisnis Anda:

1. Perusahan atau Usaha Anda Akan Dilindungi Secara Hukum

Dengan mengurus dan memiliki dokumen perizinan untuk usaha sesuai perundang-undangan yang berlaku, maka Anda dapat mengurus bisnis atau usaha dengan rasa tenang tanpa rasa khawatir. Khususnya bagi para pelaku UMKM, jika dalam menjalankan usahanya sudah mengalami peningkatan scale up yang lebih besar lagi, maka sudah saatnya legalisasi mulai Anda terapkan. Ada banyak juga payung hukum yang memayungi regulasi sebuah bisnis. Sama halnya dengan risiko yang mungkin terjadi, regulasi ini juga punya undang-undang sendiri di setiap risikonya.

2. Gampang Mencari Tambahan Modal 

Ketika Anda hendak mencari modal bisnis, pasti akan ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah dokumen legalitas sebagai bukti bahwa usaha atau bisnis Anda sudah terdaftar secara sah secara hukum. Ketika Anda sudah memiliki legalitas, maka nantinya akan mudah untuk mendapatkan tambahan modal.

3. Mudah Berkolaborasi dengan Siapa pun 

Jika Anda sudah memiliki sebuah legalitas secara resmi, Anda juga bisa memberikan point trust untuk calon yang Anda pilih untuk diajak kerja sama. Dengan adanya legalitas, maka rekan kerja sama Anda akan lebih percaya dengan bisnis Anda.

4. Aset Bisnis Anda Terlindungi 

Beruntunglah jika bisnis atau usaha Anda sudah memiliki legalitas berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Maka, jika ada kendala, semisal bisnis Anda mengalami kebangkrutan atau kerugian besar, maka aset Anda dapat terlindungi. Aset tersbut akan bertindak atas namanya sendiri. PT merupakam suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas.

5. Anda Bisa Menjual Saham Perusahaan 

Selain dapat melindungi dan menjaga kredibilitas, serta jika Anda punya rencana menawarkan saham perusahaan atau mengalihkan saham, maka prosesnya akan lebih mudah dengan adanya legalitas. Selain itu dokumen-dokumen yang Anda miliki juga akan aman.

Nah, dari beberapa alasan yang telah disebutkan di atas, pastinya para pelaku UMKM mau tidak mau harus megikuti perkembangan teknologi seiring zaman. Misalnya, mulai dari proses pembayaran sampai dengan administrasi.

Menurut Peraturan Pemerintah No 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, menyebutkan bahwa seluruh pelaku usaha termasuk UMKM yang menggunakan platform digital wajib melaporkan usahanya kepada pemerintah. Hal ini, berarti menandakan bahwa bisnis di bidang legalisasi akan semakin banyai diburu. Dikarenakan banyak dari pelaku bisnis yang harus mendaftarkan legalitas tersebut.

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai seberapa penting sih suatu usaha atau bisnis untuk memiliki legalitas dan keuntungan apa saja yang akan didapat. Gimana, mulai sekarang Anda pasti tertarik untuk mencoba dan mengurus legalitas tersebut bukan? Jangan khawatir untuk mencoba mulai dari sekarang, kalau tidak sekarang kapan lagi.

 

 

Della Cintya Raisma - Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.