Seberapa Penting sih Logo Buat Bisnis Kamu?

Pernah nggak sih kalian berada dalam kondisi sedang belanja, terus pengen beli suatu barang, tapi lupa nama produknya? Kebayang nggak kalau nggak ada logo di kemasannya yang bikin kamu inget? Dan gimana repotnya kamu pas nanya ke pramuniaga kalau nggak ada petunjuk sama sekali terkait produk yang sedang dicari?

Duh ampun! Bikin kerjaan banget 🤦🏻‍♀️

Atau mungkin kalian pernah nge-install game tebak logo di smartphone untuk ngilangin bosen, tapi berakhir stress sama nama brandnya. Padahal udah ngerasa familiar sama gambar logonya. Dan, ini baru aja masuk level 3. YA TUHAN, INI TAU LOGONYA TAPI APA NAMANYA???

Selow, selow! Jangan dibanting dulu smartphone-nya. Kamu nggak sendirian yang stres kok 🤬

Hahaha, kerasakan gimana pentingnya logo biar nggak nyusahin Mbak/Mas pramuniaga, bahkan sampai bisa bikin kamu kepedean pas main game. Jadi sebelum smartphone-nya dibanting, mending kita ulas kenapa sih logo ini penting banget.

Jadi logo itu salah satu fungsinya adalah ngemudahin konsumen untuk nginget produk kita. Dan sebagai produsen, logo itu mesti, kudu, harus, wajib, fardu hukumnya untuk punya.

Kenapa gitu? Karena bagi perusahaan, logo itu seperti penggambaran visi dan misi perusahaan, layanan, dan bidang bisnis yang dijalankan. Misalnya seperti makanan dan minuman, fashion, elektronik, gadget, kecantikan, kesehatan, properti, otomotif, jasa transportasi, desain, telekomunikasi, dan masih banyak bidang lainnya.

Apalagi sekarang ini udah banyak perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang serupa, wabil khusus perusahaan yang menyediakan produk untuk dijual, logo jadi kerasa banget pentingnya. Nggak cuma sebagai penghias kemasan aja, tapi juga untuk branding dan memasarkan produk tersebut agar diterima konsumen.

Makanya kita harus nyiptain logo yang tepat biar mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Branding yang dilakukan menggunakan logo juga bisa mempengaruhi psikologi konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan, loh.

Terus, gimana tuh cara bikin logo yang tepat?

1. Buatlah logo yang unik dan beda

Yap, bikin logo harus yang unik dan beda dari logo produk lain. Nggak lucukan kalau ada konsumen yang mau beli produkmu tapi yang keinget malah produk lain karena gambarnya atau warnanya sama?

Jadi hindari membuat logo yang mirip seperti logo pada produk dari perusahaan lain. Logo yang unik bisa berpengaruh ke branding produk kamu agar bisa menang bersaing dari kompetitor.

2. Jangan membuat logo musiman

Betul tuh. Jangan bikin logo yang musiman atau cuma ngikutin tren aja karena bisa jadi logomu akan ketinggalan zaman di kemudian waktu. Jikalau memang ingin menggunakan logo yang pernah dipakai, usahakan untuk membuat modifikasi agar terlihat lebih baik.

3. Buatlah logo yang mudah diingat

Membuat logo yang mudah diingat tidak berarti logonya harus sederhana. Logo simple nan elegan juga masih trending loh, jangan kelewat rumit juga karena hidup udah lumayan rumit macamnya.

Meskipun sebenarnya banyak juga brand-brand besar yang logonya lumayan rumit tapi disukai oleh konsumen. Intinya pesan yang ingin perusahaan sampaikan ke konsumen harus terlihat pada logo tersebut.

Oke, jadi udah siap bikin logo? Atau udah mulai desain logo untuk produknya nanti?

Kalau masih bingung Femalepreneur punya jasa branding dan pembuatan logo loh! 

📍Segera pesan dan Konsultasi ke grup: 

http://bit.ly/KonsultasiBrandUMKM

Semoga artikel ini bisa membantu menginspirasi kalian ya 😎

 

Rani Inggit Saputri - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.