Seberapa Pentingnya sih Memiliki Izin UMKM??

Untuk membangun dan menjalankan sebuah usaha, selain modal dan investasi. Sebenernya ada lagi loh yang harus kamu ketahui, yaitu mengurus perijinan usaha.

Untuk mengurus hal seperti ini tuh bukan cuma untuk perusahaan besar aja tapi skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga penting guyss untuk memiliki izin Usaha Perdagangan atau SIUP.

Sebenernya seberapa pentingnya sih memiliki Izin UMKM? Yuk, langsung aja kita bahas di artikel ini yaa bund.

1. Harus tahu izin usaha UMKM

Pada saat ngejalanin usaha tentunya pengen banget nih yakan usahanya langsung gede dan lancar jaya. Nah, supaya usaha kamu lancar jaya dalam mengembangkan dan membangun tidak mandeg di tengah jalan, pemerintah sebenernya sudah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014 tentang perizinan untuk usaha mikro yang bertujuan memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil dalam mengembangkan usahanya.

Nah, sekarang tuh sebenernya untuk mengurus prosedur perizinan usaha khususnya setelah keluar PERPERS menjadi lebih cepat dan sederhana. Dijamin banget nih enggak ngeribetin kamu para pengusaha hebat. Oiyaa, jangan lupa juga yah SIUP tuh perannya sangat amat penting dalam memajukan usaha kamu, apalagi kalo kamu ingin melakukan pinjaman uang ke bank.

2. Keuntungan jika memiliki surat izin usaha

Kalau kamu mendaftarkan izin usaha berarti usaha kamu sudah diakui dan legal secara hukum oleh negara loh. Bukan hanya bikin hati tenang dalam ngejalanin usaha kamu yang lagi jalanin, tapi juga ada beberapa keuntungan lainnya, seperti:

➡ Mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha yang lebih besar

➡ Mendapatkan kepastian perlindungan hukum dalam usaha sesuai dengan lokasi yang sudah diterapkan

➡ Mendapatkan kemudahan dalam mengakses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan bank maupun non-bank.

➡ Mendorong para pelaku bisnis UMKM untuk sadar pajak, sehingga bisa bermanfaat untuk kemajuan usahanya.

➡ Mendapatkan pengakuan yang sah dari berbagai pihak atas izin yang dimiliki dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Sekarang udah tau kan seberapa pentingnya memiliki perizinan UMKM. Dengan memiliki perizininan seperti ini, bikin usaha kamu ke depannya bisa lebih maju bersaing dengan pasar global lohh!!!

 

Sausan - Femalepreuner Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.