Solusi Atasi Perang Harga yang Tak Sehat

Salah satu metode penjualan yang sering diandalkan para pebisnis adalah perang harga. Ketika mengatasi perang harga ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. 

Perang harga itu apa sih? 

Perang harga adalah salah satu kondisi di mana terdapat satu jenis produk yang sangat diminati pasar sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjualnya. 

Ketika penjual satu jenis produk yang sama berjumlah banyak, maka salah satu cara paling cepat untuk lebih terlihat menarik dan berbeda dibanding penjual lainnya adalah dengan menjual jenis produk itu lebih murah, otomatis terjadilah perang harga. 

Tahukah kamu? Perang harga ini bisa berisiko besar bagi masa depan bisnismu karena pelanggan akan membeli produkmu hanya karena harga bukan kualitas produk, ini nih yang patut diwaspadai!

Lalu bagaimana caranya agar nggak terjebak dalam perang harga? Kamu bisa menerapkan beberapa strategi di bawah ini. Yuk simak penjelasannya!

1. Tambahkan Value 

Metode ini bisa kamu lakukan mulai dari meningkatkan kualitas layanan, memberikan bonus, mempercepat pengiriman, dibanding penjual lainnya.  

Misalnya kamu menjual dessert box, namun banyak sekali penjual yang mirip bahkan sama persis dengan produkmu, kamu bisa memberikan diskon dengan syarat minimal pembelian. 

Dengan menambahkan nilai dan manfaat pada produkmu, pelanggan akan merasa puas dan mendapatkan lebih dari apa yang mereka bayar. 

2. Berinovasi Terhadap Produkmu 

Mulailah berinovasi pada produkmu agar menghasilkan produk yang unik dan kreatif pastinya akan menarik perhatian pelanggan. 

Kamu bisa menambah sedikit kreativitas pada produkmu, misalnya kamu membuat varian produk yang jarang ditemui di tempat lain. 

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan cara promosi yang berbeda, seperti membuat copywriting yang lebih menarik atau jika ingin hasil yang cepat kamu bisa menggunakan jasa endorsement dari influencer. 

3. Tentukan Target Market

Kamu harus mempunyai target market yang tepat dari produkmu. Pernahkah kamu menyadari banyak produk yang mahal juga tetap laku? 

Tas Hermes misalnya, padahal banyak tas yang sama kualitasnya namun banyak orang yang tetap memilih membelinya. Mengapa bisa begitu? Karena mereka menentukan target market yang tepat dan mempertahankan kualitas pastinya. 

4. Bangun Loyalitas dengan Pelanggan 

Ketika kamu membangun loyalitas pelanggan maka akan lebih mudah menarik hati pelanggan agar membeli produkmu. Membangun loyalitas memang membutuhkan kualitas, kepercayaan dan data base pelanggan agar lebih dekat dengan mereka. 

Kamu bisa mengirimkan konten-konten spesial pada mereka secara rutin melalui email atau bahkan mengirimkan hadiah saat hari spesial pelangganmu lho! Loyalitas memanglah segalanya, kamu harus tetap fokus dan konsisten ya! 

5. Lakukan Branding 

Saatnya kamu mencoba melakukan branding agar memberikan daya tarik bagi pelanggan dan mudah mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produkmu. 

Produk yang menarik dan berbeda, maka pelanggan akan terus mengingat produkmu. Ketika branding produkmu sudah kuat, maka akan memudahkan brand untuk mempromosikan produk yang kamu tawarkan karena kepercayaan pelanggan terhadap produkmu. 

Semoga beberapa strategi dalam mengatasi perang harga dapat membantu para pebisnis untuk mengambil tindakan yang bijak dalam menggaet pelanggan. 

Kalau kamu merasa tercerahkan dengan artikel ini kamu bisa mencari info-info menarik seputar bisnis, mentoring, kelas pengembangan bisnis, dan masih banyak lagi di Femalepreneur Indonesia. Dijamin nggak nyesel! 

 

Frida - Femalepreneur Indonesia

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.