Terus-Terusan Hard Selling, Efektif Atau Malah Bikin Boncos?

Kita semua pasti mau punya audience yang nantinya bisa jadi customer tetap. Tapi kalau terus-terusan hard selling bisa efektif untuk menggaet customer nggak ya?

Jawabannya TIDAK!

Sebelumnya kalian harus tau hard selling ini adalah metode pendekatan secara langsung yang dilakukan oleh sales. Memang tujuan dari promosi ini agar customer terdorong untuk segera melakukan transaksi. Tapi, justru promosi seperti itu tidak efektif kalau branding produk kalian belum kuat dan orang masih belum mengetahui manfaat produk kalian bagi mereka. Yang ada bisnis kalian jadi boncos!

Kalian perlu memahami Traffic Temperature supaya target yang akan kamu bidik bisa sesuai.

Traffic Temperature ini terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

1. Cold Market

Cold market adalah orang-orang yang belum mengetahui dan belum pernah mendengar bisnis tersebut sama sekali. Tentunya kalian tidak akan secara langsung meminta calon customer untuk membeli produk kalian. Jadi perlu adanya strategi untuk mengedukasi calon customer dengan cara memperkenalkan bisnis dan manfaat produk tersebut bagi mereka.

2. Warm Market

Warm market yaitu audience sudah mulai mengenal dan mengetahui manfaat dari produk tersebut. Mereka mulai tertarik terhadap bisnis kalian dan pastinya akan terjadi komunikasi lebih lanjut seperti menanyakan harga, stock barang dan lain sebagainya. Di fase ini, testimoni akan sangat berpengaruh besar karena bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis kalian. Jadi pastikan untuk meminta testimoni kepada customer yang pernah membeli produk kalian.

3. Hot Market

Hot market yaitu audience sudah menjadi customer bisnis tersebut. Yang perlu kalian lakukan adalah rajin untuk follow up agar mereka bisa menjadi customer tetap. Kalian bisa langsung melakukan hard selling apabila sudah mencapai fase ini dan pastikan jangan terlalu banyak bercerita seperti di awal sebelum mereka mengenal bisnis kalian.

Dengan memahami traffic temperature ini, kalian dapat menghindari kesalahan saat mengiklankan bisnis kalian terhadap calon customer. Jangan hard selling pada customer jenis cold traffic, dan jangan soft selling pada customer yang masuk dalam kategori hot traffic. Jika salah langkah maka calon customer bisa saja hilang. Jadi jangan sampai salah memperlakukan calon customer kalian ya!

 

Sofia - Femalepreneur Indonesia 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.