UMKM Jangan Berkutat di Makanan dan Pakaian Saja

Hai, Femalepreneur. 

Di era seperti saat ini, banyak pegiat bisnis dan UMKM yang terus menjamur di seluruh penjuru Indonesia. Apalagi seiring berkembangnya teknologi yang ada, akan membuat pelaku UMKM semakin giat dalam menjalankan bisnisnya.

Apakah Anda salah satu yang termasuk sedang menjalankan bisnis UMKM? Jika iya, pasti Anda menghadapi tantangan besar ya, apalagi sedang merintis usaha di tengah pandemi seperti saat ini. Namun, pemerintah sekarang lagi gencar-gencarnya untuk mendorong pelaku bisnis UMKM dan mensubsidi sejumlah dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 2,4 juta untuk usaha yang mereka kembangkan.

Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa, sektor usaha UMKM harus banyak melakukan transformasi. Ia juga menghimbau bagi pelaku UMKM agar tidak hanya berfokus pada usaha makanan, minuman, atau pakaian saja.

Mengapa demikian? 

Luhut berharap agar pelaku UMKM bisa memproduksi barang yang bisa disuplai untuk industri tinggi (high technology). Agar pelaku usaha di Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain seperti Taiwan, Korea Selatan, Jerman, dan lain sebagainnya. Bisnis industri tinggi itu seperti halnya yang bergerak di bidang industri tekstil, otomotif, kimia, elektronika, dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak masalah dengan melakukan bisnis di bidang makanan maupun pakaian. Akan tetapi, harapan dari pemerintah agar para pengusaha di Indonesia dapat merambah dan berkembang di pasar internasional. Pastinya dengan situasi pandemi seperti sekarang ini, semua hal tidak bisa dipikirkan dengan biasa-biasa saja. Akan tetapi harus out of the box. Itulah yang nantinya dapat menjadi pilar utama perekonomian nasional di negara kita.

Di samping itu, Luhut juga menghimbau kepada instansi kenegaraan mulai dari kementrian, lembaga, sampai BUMN bisa membeli produk dengan tingkat komponen dalam negeri yang tinggi. Selain itu, presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun tegas mengatakan agar lembaga dan BUMN bisa membeli produk asli Indonesia.

 

Della Cintya Raisma Femalepreneur Indonesia

 

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.