UMKM Pahlawan Perekonomian Indonesia di Tengah Pandemi

16 Aug 2021 Li Ling 0 Informasi

Semenjak pandemi Covid-19 ini, Indonesia mengalami resesi ekonomi. Banyak bisnis yang terpaksa gulung tikar akibat tidak bisa memenuhi gaji pegawainya yang diakibatkan oleh penurunan penjualan produksi bisnis, sehingga banyak orang yang kehilangan pekerjaan tetap mereka. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) juga termasuk salah satu yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Namun tak jarang sebagian dari pejuang UMKM tetap menggencarkan bisnis mereka dengan mengganti strategi baru supaya bisa bertahan di tengah pandemi ini, mulai dari pemasaran secara online dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu mendobrak perekonomian Indonesia untuk bisa berjalan ke arah yang lebih baik lagi dan secara tidak langsung telah memperkecil jurang ekonomi Indonesia.

Perlu diketahui bahwa pelaku UMKM tersebar di berbagai wilayah di Indonesia tidak hanya terfokus pada kota-kota besar saja. Sehingga masyarakat di wilayah terpencil sekalipun dapat memenuhi kebutuhan mereka tanpa perlu repot datang ke kota besar. Terlebih setelah adanya pemasaran melalui digital seperti website, sosial media dan e-commerce membuat mobilitas jual beli terasa lebih mudah.

Beberapa peran UMKM dalam membangkitkan perekonomian Indonesia di antaranya:

1. Membentuk dan menyumbangkan produk domestik bruto

2. Menyediakan jaring pengaman untuk menjalankan kegiatan ekonomi khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah

3. Mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru

4. Sarana pemerataan tingkat perekonomian rakyat kecil

UMKM berhak mendapat sebutan sebagai pahlawan nasional berkat kontribusinya untuk perekonomian Indonesia. Jadi gimana, kamu sudah siap menjadi bagian pahlawan selanjutnya bersama UMKM belum?

 

Sofia - Femalepreneur Indonesia

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.