Yuk, Cari Tahu Tips Sukses Merencanakan Keuangan

Hai, Femalepreneur.

Semua orang pasti punya tujuan finansial yang ingin dicapai baik jangka pendek maupun jangka panjang. Rencana keuangan itu pada dasarnya sama dengan mengalokasikan penghasilan kita untuk tujuan tertentu dan tepat sasaran. 

Perencanaan keuangan dibutuhkan oleh siapa pun terutama yang memiliki tujuan finansial tertentu. Perencanaan keuangan itu penting karena kamu akan terbantu dalam membuat prioritas dan tujuan-tujuan keuangan kamu, segala pengeluaran dan pemasukan uang yang kamu miliki dikontrol semaksimal mungkin demi tujuan finansialmu. 

Berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan finansialmu:

1. Review kondisi finansial saat ini

Setiap tahun kita sebaiknya melakukan review tentang apa saja yang telah kita lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini baik dilakukan di awal tahun. Dan di awal tahun kita perlu juga untuk memasukkan resolusi finansial yang ingin kita capai di tahun ini.

Dari pengeluran sebelumnya, kita bisa belajar tentang cara membelanjakan uang sepanjang tahun. Coba hitung pemasukan dan pengeluaran selama ini. Hal ini juga perlu dilakukan oleh freelancer, hitung kira-kira berapa minimal dan maksimal pemasukan dan pengeluaran yang kamu miliki.

Dari sini, kamu bisa lihat bagaimana perjalanan keuangan kamu selama tahun sebelumnya dan kamu bisa membuat peta keuangan di tahun yang baru dan yang akan datang. Evaluasi keuangan di tahun sebelumnya dapat mengarahkan kita untuk memperbaiki dan meningkatkan finansial kita di tahun berikutnya.

2. Terapkan metode SMART

Metode SMART ini merupakan singkatan dari Spesific, Measuraable, Achievable, Relevant dan Time-Related.

Specific Apa yang menjadi targetmu harus spesifik dan sediakan langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapainya.

Measurable Setiap target finansial harus ada satuan ukurnya sehingga kamu dapat mengukur secara realitis dan logis.

Achievable Kamu perlu tahu nih kondisi keuangan kamu saat ini seperti apa, sehingga kamu bisa menentukan resolusi apa yang ingin kamu raih di tahun ini. Tidak perlu muluk-muluk yang penting dapat diraih secara realistis. Yaitu, bisa diukur dari berapa penghasilan kita.

Relevant : Apa yang menjadi rencana keuangan kamu, sebaiknya relevan dengan kebutuhan serta prioritas hidup kamu saat ini.

Time-Related : Ada target waktu yang jelas.

3. Hindari prokrastinasi

Prokrastinasi adalah masalah besar penghalangnya resolusi yang kita buat. Semakin kita menunda memulai resolusi maka akan semakin pudar, bahkan dengan mudahnya akan hilang. Membuat rencana keuangan harus dilakukan segera, seperti halnya rencana hidup, karena semakin lama menunda, semakin lama untuk terwujud.

4. Catatan harian keuangan

Siapa sangka mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap hari begitu pentingnya? Hal ini sangat penting karena kita bisa dengan detail memantau, kalau kita sampai lupa mencatat bisa jadi akan menganggu perencanaan keuangan kita.

Kalau kamu kesulitan untuk mencatat di buku, kamu bisa mencatatnya di smartphone, bahkan kamu bisa mencatatnya dengan mendownload aplikasi memo, dompet dan lain-lain dari google play store.

5. Monitoring dan Evaluasi

Sebagai target, evaluasi dan monitoring sangat penting untuk mengukur sudah sampai mana target yang kita capai. Seberapa jauh pencapaian yang sudah berhasil kita lakukan.

Misalnya, tiap 3 bulan kita cek apakah catatan harian keuangan kita baik dan seimbang atau tidak, apakah kita sudah cukup berhemat atau malah kewalahan dengan pengeluaran yang membengkak dan lain sebagainya.

Setelah melakukan evaluasi, jangan lupa untuk melakukan pembaruan atau penyesuaian langkah dan tindakan sesuai dengan kondisi finansial kamu saat itu. Dengan melakukan evaluasi perkembangan secara berkala, kamu akan lebih mudah mendapat gambaran dari kemajuan resolusi kamu dari waktu ke waktu.

Hal ini akan membantu kamu melihat resolusi yang kamu buat dengan lebih jelas sehingga kamu menjadi lebih semangat dalam menjalankannya. Dengan begitu, resolusi keuangan yang kamu rencanakan bisa lebih mungkin untuk kamu wujudkan.

 

Sumber : finansialku.com, cermati.com

 

Claudia Rosari Dewi - Femalepreneur Indonesia

 

 

BY: Li Ling

Related News

Post Comments.

Login to Post a Comment

No comments yet, Be the first to comment.