Prologue

Perkembangan dunia usaha saat ini cukup masif, dan UMKM merupakan motor penggerak ekonomi saat ini, Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun Rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi.

Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada. sayangnya kebanyakan dari para pelaku bisnis tidak mendapatkan ilmu yang tepat soal menjalankan bisnis, mereka hanya sekedar menjalankan bisnis untuk bertahan hidup, dan masih memiliki mindset sebagai sampingan.

Prologue

Setelah cukup sukses dengan volume perta-ma, E-Magazine Femalepreneur kini hadir lagi! Di tahun 2023 ini memang cukup banyak perubah-an yang dirasakan, perekonomian terasa mulai berjalan kembali walaupun belum sepenuhn-ya pulih. Tapi harapan untuk menjadi lebih baik semakin terasa dan sekali lagi di masa sulit ini, UMKM menjadi penyelamat bangsa den-gan daya tahannya yang kokoh mempertahank-an perekonomian bangsa. Terima kasih untuk seluruh UMKM khususnya pebisnis perempuan pemula di luar sana Di dalam E-Magazine ini kami memberikan in-formasi terkini seputar dunia bisnis yang harus Anda ketahui seperti ledakan teknologi baru ber-nama AI (Artificial Intelligent) yang bisa menjadi ancaman atau justru peluang untuk bisnis kita. Ada juga pembahasan soal platform “cek keran-jang kuning” yang menjadi booming akhir-akh-ir ini. Dan kami melihat pelaku bisnis mulai ber-pindah dari media sosial atau toko oren dan ijo untuk mengeksplor TikTok Shop.

Scroll to Top