Google Ketar-ketir Digeser TikTok! Kok Bisa?

Guys tau nggak? Ternyata 64% Gen Z pakai TikTok sebagai mesin pencari loh! 

Dimana ini bikin google pusing karena ternyata bukan Bing dari microsoft yang jadi kompetitornya, tapi ternyata posisinya sebagai suhu search engine mulai digeser sama TikTok!

Yap! percaya atau tidak, Gen Z sekarang lebih milih TikTok buat cari info loh!

Alasannya sih karena banyak konten informatif yang disajikan dalam bentuk video pendek, to the point dan mudah dimengerti. Yang bikin gokilnya lagi, TikTok bisa tahu kebiasaan kita lagi suka nonton apa. Jadi bikin penggunanya merasa lebih cocok dan nyaman buat cari informasi apapun lewat TikTok!

Konten manakah yang disukai konsumen saat menggunakan TikTok sebagai Mesin Pencari

Faktanya, Gen Z lebih suka nonton video pendek daripada harus membaca.. 

Menurut survey yang dilakukan oleh Adobe, sebanyak 62% orang lebih memilih untuk mencari konten video tutorial di Tiktok loh! Apakah kamu juga termasuk? 

Bahkan Wakil Presiden Senior Google-nya aja, Prabhakar Raghavan waktu tahun 2022 bilang begini, “Sebagian besar anak muda, sekitar 40% kalau lagi mau cari tempat makan siang, mereka bukan lagi buka Google Maps atau Searching di Google…. Tapi langsung buka Tiktok atau Instagram.”

Neil Patel, yang dikenal sebagai ahli SEO pun bilang “Google lagi ngebayangin bikin tempat buat video pendek di Google buat bersaing sama Tiktok. Menurutku sih google agak terlambat.”

Intinya, TikTok emang udah jadi mesin pencari alternatif favorit buat Gen Z. Kehadirannya yang unik, konten yang disuguhkan bervariasi, dan kemudahannya dalam menemukan informasi membuat TikTok semakin diperhitungkan dalam kehidupan sehari-hari. 

So, nggak heran kalau sekarang kita lebih sering ngandelin TikTok dibanding Google buat cari apapun yang kita butuhkan. Tapi semua informasi dari TikTok nggak selalu bener loh, usahakan kita juga harus tetap waspada dan riset informasi lebih dalam supaya terhindar dari hoaks!

 

Kalau kamu gimana? Lebih suka searching sesuatu pakai Google atau TIkTok? 

Yuk sharing di kolom komentar! 

 

Sumber:

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top