Era digitalisasi seperti sekarang ini memang membuat pengalaman belanja jadi lebih menarik. Kehadiran Covid 19 pada beberapa tahun lalu juga meningkatkan intensitas transaksi jual beli online loh. Hal ini ditambah dengan berbagai platform digital yang mulai memberikan segmen jual beli secara online, salah satunya TikTok.
TikTok melalui TikTok Shop merupakan salah satu platform jual beli online yang mengalami perkembangan pesat. Sepanjang tahun 2022 saja, tercatat nilai transaksi sebesar 4,4 Miliar USD di seluruh Asia Tenggara. Pesatnya TikTok juga ramai diperbincangkan terutama karena beberapa bulan yang lalu, sempat diberhentikan peredarannya karena tidak memiliki izin Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).
Kini, setelah mengakuisisi lebih dari 75% saham Tokopedia, TikTok Shop kembali dibuka dan langsung menjadi primadona. Yuk intip apa saja sih keunggulan TikTok Shop ini!
Promosi Lebih Efektif
Salah satu kekuatan TikTok ada pada durasi video yang pendek dan algoritma yang sangat kuat. Kedua hal ini memungkinkan pemilik merek menjangkau konsumen yang lebih luas dan relevan. Kampanye promosi dapat disesuaikan dengan preferensi dan minat pengguna, sehingga memastikan bahwa produk yang dipromosikan mencapai target pasarnya. Melalui TikTok, pemilik penjual atau pemilik merek juga tidak perlu menghubungi jasa agensi untuk bintang iklan seperti promosi konvensional. Hal ini tentunya membuat kegiatan promosi menjadi lebih SatSet. Selain itu, biaya melakukan promosi ini relatif lebih murah dibandingkan promosi melalui iklan di televisi seperti cara konvensional.
Pengalaman Baru dalam Berbelanja Online
TikTok Shop menciptakan inovasi dalam pengalaman belanja online. Dengan memadukan unsur-unsur hiburan dengan transaksi e-commerce, TikTok Shop menciptakan lingkungan belanja yang unik dan menarik. Melalui TikTok, penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara langsung. Selain itu, mereka juga bisa mengadakan video interaktif untuk menjelaskan kegunaan maupun cara pakai produk yang ditawarkan. Mulai dari luluran sampai memandikan jenazah, beragam konten unik dan menarik dapat ditemui di TikTok Shop. Proses berbelanja di TikTok Shop juga relatif mudah, sehingga konsumen dapat membeli produknya secara SatSet.
Lebih Dekat dengan Konsumen
Dikarenakan pengalaman baru yang lebih interaktif tersebut, konsumen menjadi lebih tertarik dan menciptakan kedekatan antara pembeli dan penjual. Interaksi secara langsung juga membantu pemilik produk atau merek untuk memahami kebutuhan konsumen, karena konsumen bisa memberikan komentar secara langsung. Hal ini tidak hanya meningkatkan daya tarik belanja online, tetapi juga mendorong terciptanya tren baru dalam cara pelaku bisnis berinteraksi dengan konsumen mereka. Secara keseluruhan konsumen menjadi tertarik dan memiliki kedekatan emosional dengan penjual.
Nah itu tadi serangkaian kelebihan yang membuat TikTok menjadi salah satu platform jual beli yang sangat diminati sekarang. Gimana? Mulai tertarik untuk mulai menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran dan platform jual beli Kamu?