Sukses Bisnis ala Bittersweet by Najla: Berinovasi dan Manfaatkan Sosial Media

Sukses Bisnis ala Bittersweet by Najla: Berinovasi dan Manfaatkan Sosial Media

Hmmm, di panas terik, makan sesuatu yang manis, lembut, dan dingin pasti nikmat ya. Nah, jika teman-teman tertarik, ada makanan yang dikenal dengan nama dessert box yang bisa memuaskan keinginan tersebut. Rasanya yang manis dan lembut bikin semua ketagihan. Diantara semua dessert box, pelopornya adalah Bittersweet by Najla.Bittersweet by Najla merupakan produk kuliner yang dimiliki oleh Najla Bisyir. Produknya merupakan kue berlayer dipadukan dengan krim dan dikemas dalam kotak mika bening sehingga menggugah selera konsumen yang melihat. Najla Bisyir sendiri mengungkapkan bahwa awalnya berangkat dari coba-coba membuat kue Cinnamon Roll. Hasil dari eksperimennya tersebut diposting ke akun media sosial Path. Path merupakan media sosial yang cukup hits beberapa tahun silam. Saat itu, pengguna Path hanya dibatasi beberapa ratus follower saja. Berangkat dari circle terdekatnya tersebut, peminat kue buatan Najla pun bertambah besar. Najla sendiri menambah variasi kue yang dijualnya seperti slice cake, tart, dan cake jar.Seiring bertambah ramai peminat, di tahun 2017 Najla memberikan diri membuka usaha Bittersweet by Najla yang ber fokus pada produk dessert box. Dessert box berukuran 10×10 sentimeter  diciptakan sebagai alternatif untuk cake jar yang terlalu kecil, dan butuh menikmati dessert dalam porsi lebih besar. Nah Najla kembali menggunakan media sosial untuk mempopulerkan bisnisnya. Kali ini merambah ke TikTok, karena Path sudah tidak ada lagi dan TikTok memiliki jangkauan yang lebih luas. Dari situlah kemudian bisnisnya viral dan dikenal sebagai pelopor dessert box. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di awal kemunculannya, Bittersweet by Najla bisa mendapatkan lebih dari 100 pesanan setiap harinya.Tidak mudah berpuas diri, Najla terus membuat inovasi untuk usahanya. Di tahun 2018, Najla membangun sebuah central kitchen. Central kitchen adalah sebuat tempat pusat produksi seluruh produk yang dijual oleh Bittersweet by Najla. Pendekatan central kitchen dipilih untuk memastikan konsistensi rasa dan kualitas produk yang dihasilkan. Pada tahun 2019, Bittersweet mulai mendirikan beberapa offline store dalam bentuk cafe di beberapa lokasi di Jakarta. Saat ini, outletnya sendiri merambah sampai ke luar kota.Tidak hanya membangun central kitchen, Bittersweet by Najla juga mulai aktif membuat cabang-cabang baru sehingga semakin mendekatkan diri kepada para konsumen. Najla juga mulai merambah ke media sosial lain yaitu instagram. Tidak tanggung-tanggung, tim social media dan content creator Bittersweet ini dikepalai langsung oleh Najla, loh! Najla rutin membagikan konten yang berfokus pada kualitas produk. Pendekatan ini dipakai karena harga yang ditawarkan untuk produknya terhitung premium.Selain rutin membagikan konten secara konsisten, Najla dan tim kreatifnya juga rajin mengikuti tren yang sedang viral di media sosial. Misalnya saja, ketika viral produk Oreo Supreme, Najla dan tim membuat produk dessert box menggunakan oreo dan di post di media sosial. Ketika ramai Lathi Challange beberapa waktu yang lalu, Najla dan tim juga membuat Lathi cake dan mempostingnya di media sosial. Hal ini membuat ketenaran produk Bittersweet by Najla bertahan lama.Bittersweet by Najla juga aktif melakukan evaluasi atas varían produk mereka. Bittersweet by Najla sendiri sejatinya sudah memiliki tidak kurang dari 40 jenis varían dessert box. Akan tetapi, mereka hanya mempertahankan varían yang mendapat respon bagus di pasaran. Beberapa varían produk yang kurang laku di pasaran ditarik dan digantikan dengan menu baru. Strategi ini digunakan untuk menambah daya tarik produk dan memangkas biaya produksi yang besar sebagai efek dari varían yang terlalu banyak. Bittersweet juga mulai merambah ke sektor pastri. Sukses lewat tiktok dan shopee live membuat banyak orang menginginkan produk Bittersweet dari seluruh Indonesia. Sayangnya karena produk mereka merupakan dessert box, tentu ada kendala saat pengiriman yang jauh. Oleh sebab itu mereka berinovasi dengan membuat berbagai pastri supaya awet dan tahan lama.Itu tadi sekelumit kisah bagaimana Najla Bisyir mengembangkan bisnis Bittersweet by Najla yang dimilikinya. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi proses merintis dan mengelola agar produknya tetap berada di top of mind konsumen merupakan proses yang tidak mudah. Passion, konsistensi, dan keep update merupakan 3 hal yang bisa kita ambil dari cerita perjalanan Najla mengembangkan bisnisnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top